Kabupaten Bandung Barat

6 CURUG EKSOTIS DI DAERAH PARONGPONG DAN CISARUA

Curug atau air terjun yang berada di Kabupaten Bandung Barat memang tak ada habisnya, bisa dikatakan di setiap daerah hampir memiliki curug, yang tentunya terkenal dengan keindahannya. Jika pada posting sebelumnya kita telah merangkum daftar curug yang berada di sekitar Cibodas-Lembang, kali ini kita akan merangkum curug yang berada di sekitar Parongpong-Cisarua. Didaerah Parongpong-Cisarua anda bisa memilih destinasi wisata curug yang tidak kalah menarik, karena di daerah ini terdapat rangkaian beberapa curug dengan keindahan yang masih alami.

Berikut adalah daftar Curug di daerah Parongpong-Cisarua

1. Curug Layung

curug layung

photo by @petrusronyps on instagram

Curug layung merupakan salah satu dari sekian banyak Curug di aliran Sungai Cimahi. Terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, curug ini sempat tertutup untuk umum ketika dulu wilayahnya termasuk ke dalam area latihan Kopassus di kaki Gunung Burangrang. Namun sejak tahun 2012 tempat ini mulai dibuka lagi sebagai objek wisata. Curug Layung ini tidak terlalu tinggi alirannya, namun memiliki kolam alami yang cukup luas. Biasanya curug ini dijadikan areal berenang bagi para pengunjung yang tahan dengan dinginnya air sungai Cimahi yang mengalir dari hulunya di daerah Situ Lembang. Curug ini ada di urutan paling hulu di aliran Sungai Cimahi, ke arah hilir makin ke bawah masih ada curug lain, yakni Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi, Curug Panganten, dan Curug Lalay.

Lebih lengkap tentang Curug Layung

Rute dan Akses

Menuju Curug Layung ini terdapat dua jalan utama yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Komando dan lewat jalur daerah wisata CIC. Jika dari arah Bandung/Lembang, Anda bisa memasuki jalan Kolonel Masturi hingga melewati objek wisata Curug Cimahi lalu masuk ke jalan Komando. Jika dari arah Cimahi, Anda bisa melewati Jalan Kolonel Masturi lalu masuk ke jalan Komando sebelum objek Wisata Curug Cimahi. Ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang wisata Curug Layung. Di sini anda bisa memarkirkan kendaraan dan membeli tiket masuk seharga Rp 10.000. Dari sini, Anda bisa hiking menyusuri jalur hutan pinus di kaki Gunung Burangrang menuju Curug Layung. Alternatif lain bisa lewat objek Wisata CIC (Ciwangun Indah Camp). Objek wisata CIC ini masih berada di dekat pintu gerbang objek wisata Curug Cimahi. Masuk dan ikuti jalur menuju CIC dan membeli tiket seharga Rp 7.000. Dari areal wisata CIC ini, Anda bisa menuju Curug Layung melewati jalur sungai atau jalur kebun teh.

Bagi penyuka hiking, jalur CIC ini lebih menarik karena bisa hiking menyusuri jalur Sungai Cimahi melewati jembatan bambu yang melintang di atas aliran sungai sekaligus bisa menikmati Curug Tilu yang mengalir setelah Curug Layung. Anda juga bisa menikmati hijaunya Perkebunan Teh Sukawana sebelum sampai di Curug Layung. Dari objek wisata CIC menuju Curug Layung bisa ditempuh dengan waktu 30 menit hingga 1 jam perjalanan jalan kaki menyusuri Sungai Cimahi. Perjalanan ini akan terbayar dengan indahnya pemandangan sepanjang perjalanan dan juga segarnya air di Curug Layung yang masih bersih dan alami.

2. Curug Tilu Leuwi Opat

curug tilu

photo by @agidharo on instagram

Curug tilu leuwi opat merupakan sebuah kawasan wisata alam yang menyajikan udara sejuk dan pemandangan yang masih asri yang terletak di kawasan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Curug adalah air terjun dalam bahasa sunda. Dinamakan curug tilu karena air terjun ini memiliki tiga tingkatan air terjun, dan memiliki empat leuwi (sungai). Sebenarnya, di kawasan ini bukan hanya ada curug tilu, tapi ada juga beberapa curug lainnya seperti curug aseupan, curug citulang, dan curug cilaki.

Lebih lengkap tentang Curug Tilu Leuwi Opat

Rute dan Akses

Untuk dapat mendatangi kawasan wisata ini, terdapat dua jalur. Jika anda datang dari arah Cimahi, maka anda harus mengambil jalur Kolonel Masturi. Sedangkan untuk anda yang datang dari arah Bandung, maka alternatiff jalan yang diambil adalah Ledeng – Sersan Bajuri. Dari Sersan Bajuri, anda harus meneruskan perjalanan ke arah Parongpong. Kedua jalur ini bertumpu di satu titik yaitu CIC (Ciwangun Indah Camp) sebagai pintu masuknya. Akses menuju kawasan ini pun sudah cukup bagus. Dan jika anda ingin berwisata alam ke daerah ini, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000,- untuk tiket masuk dan Rp. 2.000,- untuk parkir kendaraan anda. Namun untuk mengadakan kegiatan camping anda akan dikenakan tarif tambahan yang biasanya bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan petugas keamanan di pintu depan.

3. Curug Bubrug

curug bugbrug

photo by @ricki_ip on instagram

Curug Bugbrug merupakan tempat wisata di Bandung yang tersembunyi. Bandung sendiri terkenal dengan wisata alamnya yang masih perawan dan belum terjamah banyak sekali wisatawannya. Kami tunjukan salah satu tempat wisata alam air terjun yang indah di Bandung yang wajib anda kunjungi. Wisata tersebut merupakan salah satu destinasi wisata lembang yang lebih populer dengan sebutan Curug Bugbrug Sesuai dengan namanya kata Bugbrug dalam bahasa sunda adalah berarti bertumpuk atau tumpah tindih.

Lebih lengkap tentang Curug Bugbrug

Rute dan Akses

Lokasi Curug Bugbrug beralamatkan di Jalan Kolonel Masturi, Desa kertawangi, Kecamatan Cisarua, Lembang Kabupaten Bandung Barat. Dari arah ledeng, patokannya adalah terminal Parongpong, -+ 1KM sebelum curug pelangi/curug cimahi di sebelah kanan jalan anda akan menemukan gerbang menuju CIC. ikuti jalan tersebut. Belum ada penglola resmi curug bugbrug, sehingga tidak ada gerbang masuk resmi. untuk penitipan kendaraan anda bisa menitipkan di warung atau rumah warga.

Lokasi ini sangat mudah untuk di jangkau meskipun tempatnya berada di pedalaman. Kemudian untuk waktu kunjungan wisata ini  sebenarnya tidak ada batasan waktu selama 24 jam. Akan tetapi ada yang populer biasanya mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

4. Curug Pelangi atau Curug Cimahi

curug pelangi cimahi

photo by @shaziranahdayfariah on instagram

Curug Cimahi, atau kini lebih dikenal dengan nama Curug Pelangi. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 87 meter ini disebut dengan curug Pelangi karena pihak pengelola yaitu Perhutani melakukan inovasi baru dengan menambahkan lampu di ujug curug sehingga terpancar warna – warni indah bak pelangi. Lampu ini pula lah yang membuat curug Pelangi tidak hanya dapat dinikmati saat siang hari, namun juga malam hari.

Lebih lengkap tentang Curug Pelangi

Rute dan Akses

Untuk dapat mencapai lokasi ini, anda bisa melewati jalur Kolonel Masturi untuk yang memulai perjalanan dari Cimahi, dan melewati jalur Ledeng – Sersan Bajuri – Parongpong untuk anda yang memulai perjalanan dari Bandung.  Tiket masuk untuk menikmati keindahan curug pelangi ini pun dibagi menjadi dua harga. Yaitu Rp. 12.000,- untuk anda yang berkunjung sebelum pukul 17.00, dan Rp. 15.000,- untuk anda yang berkunjung setelah pukul 17.00. Kawasan wisata ini sendiri dapat dikunjungi hingga pukul 21.00. Jadi, jika anda bosan menikmati keindahan air terjun pada siang hari, cobalah datang pada malam hari dan rasakan sensasinya.

5. Curug Anom Natural Hill Cisarua

curug anom

photo by @sdverdana on instagram

Curug Anom, belum terlalu terkenal di kalangan media, bahkan mungkin baru beberapa orang yang tahu dan pernah main kesini. Terletak di sebuah tempat wisata keluarga bernama Natural Hills, Curug Anom ini biasanya menjadi salah satu destinasi pengunjung yang mengadakan acara atau sekedar menginap di Natural Hills.

Lebih lengkap tentang Curug Anom

Rute dan Akses

Rute yang harus anda tempuh untuk dapat mencapai Curug Anom, sama dengan rute yang harus anda tempuh menuju Curug Pelangi. Dari Curug Pelangi, lanjutkan perjalanan anda mengikuti alur jalan. Dan anda akan mendapati Natural Hills. Tidak perlu khawatir akan tersesat, karena papan Natural Hills cukup besar dan terlihat jelas. Alamat lengkap dari Natural Hills sendiri adalah Jl. Kolonel Masturi belakang pom bensin Sukajaya rt 02/06, Desa Sukajaya, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

6. Curug Panganten

curug panganten by @mbiddd

photo by @mbiddd on instagram

Berlokasi di Bandung Barat, tepatnya di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, terdapat sebuah air terjun yang kerap dijuluki Curug Panganten. Sebuah air terjun di ketinggian 1050 Mdpl dengan tinggi kurang lebih 50 meter ini menyimpan mitos dan sejarah tersendiri. Dulu, Curug Panganten ini dikenal dengan Curug Manglayang.

Lebih lengkap tentang Curug Panganten

Rute dan Akses

Untuk mencapai Curug Panganten, dari arah Cimahi anda harus mengambil jalan ke arah Parongpong. Tepatnya di dekat perumahan dan Wisata Alam Katumiri. Disarankan untuk mengenakan sepatu atau sandal gunung jika hendak berkunjung kesini. Karena dari Wisata Alam Katumiri, anda masih harus menepuh jarak sekitar 2 Km dengan track berbatu dan licin jika turun hujan. 

Demikian beberapa destinasi wisata alam berupa curug di daerah Parongpong-Cisarua yang dapat kami rangkum. Ada destinasi yang belum tercantum? Atau ada rekomendasi tempat wisata/kuliner/seni dan budaya di Bandung Barat yang perlu kami ulas dan review. Silahkan hubungi kami di explorebandungbarat@gmail.com atau kontak kami
Jadi sudah main ke curug mana saja?
Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top