Berita & Informasi

7 TANDA BAHWA ANDA SUDAH MENJADI PENUMPANG KERETA API YANG BAIK

iklan

Menggunakan transportasi kereta api bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin liburan hemat dan aman. Selain menawarkan harga tiket yang cukup terjangkau, layanan kereta api juga semakin membaik dari hari ke hari. Tidak mengherankan, kalangan muda yang dahulu gemar bepergian dengan kendaraan pribadi, kini mulai beralih menggunakan moda transportasi yang nyaman ini.

Namun terkadang, ada saja ulah penumpang yang menyebalkan. Padahal untuk mewujudkan perjalanan yang nyaman, seluruh penumpang harus bisa menjaga sikap dan etika selama berada di dalam kereta api.

Jika ingin mengetahui apakah Anda sudah termasuk penumpang kereta api yang baik, berikut ini beberapa ciri yang bisa Anda tandai.

1. Duduk Sesuai Nomor Kursi

Nomor Kursi - Pixabay

Saat memasuki gerbong kereta, Anda mungkin akan melihat cukup banyak kursi yang kosong. Meskipun demikian, setiap penumpang harus tetap duduk sesuai dengan nomor kursi yang tertera pada tiket kereta api.

Namun terkadang, ada orang tua yang harus terpisah dengan anaknya lantaran nomor kursinya berjauhan. Jika demikian, Anda bisa mempertimbangkan untuk bertukar posisi tempat duduk dengan kesepakatan yang tidak merugikan salah satu pihak.

2. Membawa Barang Secukupnya

Koper - Pixabay

Saat bepergian dengan mobil, Anda tentu bisa membawa banyak barang sekaligus. Namun ketika menggunakan kereta api, akan lebih baik jika Anda hanya membawa barang secukupnya.

Pasalnya, jumlah bawaan yang berlebihan akan menyulitkan Anda untuk menaruhnya. Jika tidak ditaruh di tempat yang tepat, di lorong di antara kursi misalnya, barang-barang tersebut justru akan mengganggu penumpang lain yang berlalu lalang di dalam kereta.

3. Tetap Tenang

Tenang - Pixabay

Di dalam kereta api, Anda akan duduk dengan banyak orang. Saat menempuh perjalanan yang jauh, sebagian besar penumpang tentu akan memilih untuk beristirahat atau tidur.

Sebagai penumpang yang baik, Anda harus bisa menjaga ketenangan. Jika memang harus bercakap-cakap atau melakukan panggilan telepon, usahakan untuk mengurangi volume suara. Dengan begitu, penumpang lain pun tidak akan terganggu.

4. Ramah dengan Penumpang Lain

Penumpang - Pixabay

Saat tubuh lelah atau sedang banyak pikiran, sebagian orang mungkin akan malas berbicara dengan orang lain. Namun di dalam kereta api, Anda akan menemui beragam sifat, termasuk orang-orang yang gemar mengobrol.

Jika memang tidak ingin bercakap-cakap, tetap tunjukkan sikap ramah. Anda bisa mengatakan dengan sopan kepadanya bahwa Anda sedang lelah dan ingin segera beristirahat. Sementara agar penumpang tersebut tidak merasa tersinggung, Anda bisa menyertakan permohonan maaf terlebih dahulu.

5. Menyiapkan Keperluan Pemesanan Tiket dari Rumah

Tiket - Pixabay

Saat memesan tiket kereta api di stasiun, Anda tentu kesal jika mendapati antrean yang panjang. Biasanya hal itu disebabkan oleh adanya penumpang yang belum menyiapkan berbagai perlengkapan, seperti kartu identitas atau uang pas. Sebagai calon penumpang yang baik, ada baiknya Anda menyiapkan semuanya dari rumah. Dengan demikian, Anda bisa turut serta mengurangi jumlah antrean yang semakin mengular.

Namun jika ingin lebih praktis, ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yakni dengan memesan tiket kereta api secara online. Dengan cara tersebut, Anda tidak perlu lagi repot-repot memesan tiket di stasiun.

6. Berpakaian Sopan

Berpakaian Sopan - Pixabay

Dari hari ke hari, masyarakat Indonesia semakin kritis terhadap banyak hal. Salah satu hal yang paling sering dikritisi adalah soal cara berpakaian. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan budaya dan norma kesopanan yang sudah mengakar di masyarakat. Misalnya, saat berada di dalam kereta api, para penumpang sebaiknya tidak mengenakan rok yang terlalu pendek.

7. Tidak Mengganggu Kenyamanan Penumpang Lain

Penumpang - Pixabay

Tanpa disadari, aktivitas yang kita lakukan terkadang bisa mengganggu penumpang lain, seperti bercanda dengan suara keras, bernyanyi, atau berjoget di dalam kereta api. Penumpang yang baik akan menyadari bahwa mereka tidak duduk sendiri. Ada banyak orang yang sama-sama membutuhkan kenyamanan selama perjalanan.

Untuk itu, mereka tidak akan membuat kegaduhan atau pun tindakan-tindakan konyol yang bisa membuat orang lain kesal atau merasa terganggu. Sebaliknya, mereka akan lebih memilih tenang dengan melakukan aktivitas yang sekiranya tidak mengganggu penumpang lain, seperti: mendengarkan musik melalui headset, membaca, menulis, menggambar, atau sekadar tidur di kursi dengan posisi yang tepat.

Itulah 7 hal yang menjadi tanda penumpang kereta api yang baik. Sudahkah Anda memenuhi ketujuh hal tersebut?

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top