Kuliner

BANDREK – MINUMAN TRADISIONAL YANG MENGHANGATKAN

bandrek
photo by @alenggono on instagram

Berkunjung ke daerah Bandung, sudah tentu tidak lepas dari berburu sajian khas kota Priangan. Bandung yang sejak dahulu terkenal dengan cuacanya yang dingin, membuat para pelancong mencari sesuatu yang hangat dan tentu rasanya enak. Apalagi bagi mereka yang berkunjung ke daerah pegunungan, atau telah puas bermain air di beberapa destinasi wisata air terjun. Kira – kira apa yang dapat dinikmati saat tubuh kedinginan? Kali ini kami akan membahas salah satu minuman khas Jawa Barat yang sudah melegenda dan tradisional tentunya. Pernah dengar Bandrek? Sudah tidak asing bukan? Bandrek merupakan minuman tradisional dengan cita rasa rempah – rempah yang kuat dan menjadi primadona pada masanya. Minuman berwarna coklat ini biasa disajikan pada musim penghujan atau pada saat malam hari. Karena, bandrek mempunyai keunggulan meningkatkan suhu tubuh atau membuat tubuh terasa hangat. Selain itu, bandrek juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Bandrek dipercaya dapat meringankan sakit tenggorokan juga flu dan batuk.

bandrek

photo by @omamuda on instagram

Seperti telah disebutkan, bandrek kaya akan rempah – rempah. Bahan dasar dari bandrek ini sendiri adalah jahe dan gula merah. Tidak hanya kedua bahan itu saja yang dibutuhkan, terkadang beberapa penjual bandrek menambahkan bahan lainnya, seperti daun pandan, cengkeh, garam dan kayu manis. Cara pengolahannya pun mudah. Cukup merebus semua bahan yang telah tersedia di dalam air. tunggu sampai mendidih, dan bandrek pun sudah siap disajikan. Pada zamannya, bandrek disajikan bersama dengan camilan – camilan khas Sunda seperti ubi rebus, atau umbi – umbian lainnya. Seiring perkembangan zaman, penyajian bandrek pun ikut berinovasi. Kini bandrek biasa disajikan dengan serutan kelapa, bahkan bersama buah durian. Minuman hangat ini pun kini sudah tersedia dalam bentuk instan, tapi tentu saja cita rasanya berbeda dengan yang tradisional.

Tidak perlu bingung dimana mencari bandrek jika main ke Bandung, hampir di setiap sudut kota Bandung masih menjajakan minuman hangat ini. Tidak hanya tersedia di toko oleh – oleh, tapi beberapa pedagang pun masih banyak yang berkeliling menjual bandrek. Dan tentu saja, anda tidak akan kesulitan mencari bandrek di daerah pegunungan yang kental dengan cuaca dinginnya. Ingin merasakan khasiat dari bandrek? Ayo mampir ke Bandung ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top