Kota Bandung

BATU KUDA – CAMPING DI KAKI GUNUNG MANGLAYANG

batu kuda

Beralih dari Bandung Barat dan Bandung Selatan. Sekarang kita akan membahas batas lain dari Bandung Barat, yaitu tempat eksotis yang terletak di perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Kota Bandung memang identik dengan berbagai tempat wisata dan kulinernya, salah satu wisata alam yang bisa dikunjungi saat liburan adalah Bumi Perkemahan Batu Kuda. Bumi Perkemahan Batu Kuda ini terletak di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tepatnya berada di kaki gunung Manglayang.

Area Batu Kuda sendiri cukup terkenal di kalangan masyarakat sekitar. Selain karena merupakan titik pertama bagi para pendaki yang hendak melanjutkan perjalanan ke puncak gunung Manglayang, konon pada zaman dahulu, seorang prabu dari sebuah kerajaan di Jawa Barat yang bernama Prabu Layang Kusuma sedang menunggangi kuda nya yang bisa terbang di sekitar gunung Manglayang. Dan secara tiba – tiba kuda yang ditunggangi sang Prabu terjerembab ke dalam kubangan. Sekuat apapun usaha kuda tersebut untuk keluar dari kubangan tersebut tidak membuahkan hasil. Hingga lambat laun kuda milik sang Prabu yang terjerembab tersebut berubah menjadi batu. Maka batu tersebut disebut lah dengan istilah Batu Kuda. Selain itu, sang Prabu sendiri memilih untuk bertapa di dekat Batu Kuda, dan kini tempat sang Prabu bertapa dikenal dengan nama Batu Kursi.

Area perkemahan Batu Kuda yang terbilang cukup luas, membuat anda tidak perlu khawatir kehabisan titik berkemah. Tak hanya itu, anda bisa melihat pohon – pohon pinus yang menjulang sejauh mata memandang. Selain digunakan untuk tempat berkemah para pendaki, anda pun bisa mengajak keluarga anda saat liburan. Karena area ini terbuka untuk anda sekeluarga yang sekedar ingin berjalan – jalan menikmati hutan pinus, ataupun menghabiskan malam dengan tidur di hotel bertabur bintang.

Selain digunakan untuk berkemah, Bumi Perkemahan Batu Kuda juga cocok untuk dijadikan area pelatihan, ataupun jika anda ingin mengadakan acara gathering bersama teman – teman kantor. Tentu dengan seizin pihak pengelola. Fasilitas yang disediakan di Bumi Perkemahan Batu Kuda ini terbilang cukup lengkap. Toilet untuk wanita dan pria sudah tersedia dalam keadaan terpisah tentunya. Selain itu, anda juga akan menemukan sebuah Mushala kecil di samping toilet. Beberapa warung pun berjajar di area perkemahan, sehingga untuk anda dan keluarga yang tidak ingin repot membawa perbekalan banyak tidak perlu khawatir akan kelaparan. Tentunya dengan tetap menjaga kebersihan, karena tong sampah sudah tersedia di beberapa titik area ini.

Rute dan Akses

Untuk dapat menjangkau area Bumi Perkemahan Batu Kuda, anda cukup menuju daerah Cileunyi Kota Bandung. Tidak jauh dari bundaran Cibiru, kurang lebih 1,5 Km anda akan melihat pangkalan ojek Cileunyi di sebelah kiri (jika berangkat dari Kota Bandung). Ambilah jalur tersebut. Jika anda ragu, tanyakan pada warga sekitar, karena seperti disebutkan sebelumnya, area tersebut sudah terkenal di kalangan masyarakat.

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top