Kabupaten Bandung Barat

BUKIT GANTOLE – DESTINASI WISATA BARU CILILIN

gantole
photo by @sinta.l on instagram

Siapa bilang gunung atau bukit tidak bisa dijadikan sarana olahraga? Bukit Gantole buktinya. Bukit Gantole atau Gunung Gantole merupakan sebuah puncak gunung yang dimanfaatkan sebagai sarana olahraga para atlet paralayang. Karena dari ketinggian 1063 Mdpl ini angin yang bertiup cukup kencang dan dikatakan mumpuni untuk berolahraga paralayang. Terletak di Kampung Cihurang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Bukit Gantole atau orang juga mengenalnya dengan sebutan Venue Gantole ini sudah dibangun sejak tahun 2010. Awalnya Bukit Gantole ini diperuntukkan sebagai salah satu tempat terselenggara nya Porda Jabar 2010 dan PON 2016 cabang paralayang. Namun saat ini selain untuk berolahraga, tempat ini menjadi salah satu destinasi ber – swafoto bagi masyarakat yang datang baik dari daerah Bandung Barat maupun luar daerah Bandung Barat.

Dari Bukit Gantole ini, anda bukan hanya dapat menyaksikan para atlet atau pecinta paralayang berlatih. Anda pun dapat menikmati pemandangan indah yang terhampar. Sejauh mata memandang, anda dapat menyaksikan keindahan hutan pinus milik perhutani, saguling, dan pemandangan Cimahi dan Kota Bandung dari atas sini. Meskipun lahan Bukit Gantole ini sudah dilapisi oleh paving block, namun disayangkan, fasilitas di Bukit Gantole ini belum memadai. Ketersediaan toilet dan mushala masih menjadi pekerjaan rumah bagi pihak penanggung jawab yaitu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga atau Disdikpora. Sementara itu untuk keamanan dan keberihan, pihak Disdikpora sudah bekerja sama dengan Karang Taruna desa Sindangjaya. Sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan dari tempat ini. Dan untuk anda yang tidak membawa perbekalan, di Bukit Gantole ini pun sudah ada beberapa warung atau jongko kecil milik masyarakat. Meskipun belum tertata rapih, tetapi lahan yang dimanfaatkan masyarakat sebagai warung kecil ini cukup membantu jika anda lapar atau haus saat berada di Bukit Gantole ini.

Ada beberapa alternatif jalur yang dapat anda gunakan untuk menuju Bukit Gantole. Bagi anda yang berasal dari Kota Bandung atau Jakarta, patokan yang harus anda ingat adalah CImareme atau arah Batujajar. Selepas jembatan Sasak Bubur Cihampelas, ambil lah jalur kiri kea rah Nyalindung. Dari sana anda hanya perlu mengikuti jalan saja sampai menemukan Bukit Gantole. Di sepanjang perjalanan menuju Bukit Gantole, anda akan disuguhi dengan keindahan hutan pinus. Jalur ini bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, atau bahkan berjalan kaki. Tidak perlu khawatir karena jalan di jalur Nyalindung ini sudah berupa aspal halus. Berbeda dengan jalur Nyalindung, anda yang mengendarai roda empat bisa melalui kampung Walahir. Jalan melalui kampung Walahir ini memang memutar, namun jalanan sudah cukup bagus jika dibandingkan dengan jalur Nyalindung. Hanya saja, anda tidak akan dapat menikmati pemandangan seperti di jalur sebelumnya. Untuk anda yang ingin melihat langsung para atlet beraksi, disarankan untuk mendatangi tempat ini pada pukul 07.00 sampai 10.00, karena pada jam tersebut adalah waktu yang ideal untuk memanfaatkan tiupan angin untuk olahraga paralayang. Tertarik untuk berkenalan dengan atlet paralayang? Ayo mampir ke Bukit Gantole ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top