Kabupaten Bandung Barat

MENIKMATI INDAHNYA ALAM DARI BUKIT PUTER PADALARANG

bukit puter bandung barat
photo by @ratnasatriani08 on instagram

Menikmati romantisme alam melalui temaram lampu pada malam hari merupakan sebuah ritual yang sudah lumrah dilakukan jika kita sedang berada di atas gunung atau berada di ketinggian. Namun sayangnya beberapa dari kita merasa malas atau tidak sanggup untuk bisa melakukan pendakian. Jika anda merupakan bagian dari beberapa orang tersebut, Bukit Puter punya solusinya untuk anda. Terletak bersebelahan dengan Gunung Hawu Padalarang, tepatnya di  Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Bukit Puter dapat anda jadikan salah satu destinasi untuk menikmati Kota Bandung malam hari tanpa harus merasa terlalu lelah. Belum diketahui asal usul pemberian nama pada Bukit Puter ini. Namun menurut warga sekitar, diberi nama Bukit Puter karena bukit dengan ketinggian kurang lebih 900 Mdpl ini memiliki bentuk memutar atau mengerucut. Selain karena ketinggiannya yang tidak sampai beribu – ribu meter, jalur yang ada di Bukit Puter pun terbilang jelas dan cukup landai. Sehingga anda tidak akan kerepotan jika melakukan pendakian di bukit ini.

bukit puter

photo by @eko_budianto_ on instagram

Jika anda melakukan perjalanan di Bukit Puter pada siang hari, anda akan disuguhi dengan hamparan sawah hijau di kaki Bukit Puter, dan anda dapat merasakan jambu biji merah yang merupakan tanaman budidaya di kawasan Bukit Puter. Anda hanya perlu meminta nya pada warga sekitar, atau bisa juga membeli pada mereka secara langsung. Dan jika anda melakukan perjalanan serta melakukan camping di Bukit Puter, anda akan secara langsung menikmati romantisnya keindahan alam yang terpancar dari kerlap – kerlip lampu. Tapi anda harus tetap waspada ketika mendirikan tenda di Bukit Puter. Karena pada malam hari masih banyak binatang liar seperti babi hutan yang berkeliaran disana. Untuk lahan nya sendiri, anda dapat memilih mendirikan tenda di puncak Bukit Puter yang dapat menampung dua sampai tiga, atau sedikit turun ke daerah yang agak landau dan cukup untuk mendirikan lima tenda. Dan sebaiknya anda membawa perbekalan air yang cukup jika akan mencumbui malam di Bukit Puter, karena disana tidak ada sumber air.

[huge_it_video_player id=”4″]

bukit puter

photo by @sumii6916 on instagram

Rute dan Akses

Untuk dapat melakukan pendakian ke Bukit Puter, anda hanya perlu mengarahkan kendaraan anda ke daerah Padalarang. Patokannya adalah jalan menuju Tagog Apu. Sesampainya di Tagog Apu, beloklah ke arah kiri, tepatnya ke arah Jalan Rancabali. Patokan akhir untuk menuju Bukit Puter ini adalah Perumahan Permata Padalarang, Desa Jaya Mekar. Jika anda ragu, anda bisa bertanya pada warga sekitar karena belum ada petunjuk jalan menuju Bukit Puter. Berminat menikmati keindahan Kota Bandung pada malam hari? Ayo ke Bukit Puter ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top