Kabupaten Bandung Barat

MENIKMATI INDAHNYA ALAM DARI BUKIT SENYUM – BURANGRANG SELATAN

Wisata Alam Bukit Senyum
photo by @ipank_maps_prts_04_017 on instagram

Sudah pernah main ke Burangrang? Jika sudah, anda akan mendapati hutan pinus sebelum akhirnya memulai pendakian di gunung yang konon masih ada kaitannya dengan legenda Sangkuriang ini. Ternyata, hutan pinus yang mengelilingi Burangrang bisa anda dapati juga di bagian selatan gunung ini. Tepatnya di Desa Cipada, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Ada apa disana? Seperti sudah disebutkan, disana pun terdapat hutan pinus dan bukit – bukit kecil. Salah satu bukit yang mulai naik ke permukaan diberi nama Bukit Senyum. Asal usul pemberian nama Bukit Senyum ini digagas oleh masyarakat Desa Cipada sendiri. Karena menurut salah seorang warga, Ia selalu melihat orang – orang tersenyum saat berada di atas bukit tersebut.

photo by @rian.a.kusumah.11 on instagram

Bukit Senyum, berada di ketinggian 1.300 Mdpl dengan luas lahan 5 Ha. Bukit ini awalnya hanya sebuah bukit dengan pohon – pohon pinus yang tidak terurus sama sekali. Berkat keinginan masyarakat yang dibantu oleh pihak perhutani, maka ditata lah bukit ini menjadi salah satu wana wisata di kaki gunung Burangrang. Karena terhitung masih baru dan masih dalam tahap pengembangan, fasilitas di Bukit Senyum ini masih terbilang minim. Namun untuk fasilitas umum seperti toilet dan jalan menuju Bukit Senyum sudah bisa anda nikmati. Selain itu, sudah dibangun pula beberapa gazebo di sekitar hutan pinus, sehingga anda dapat leluasa beristirahat atau santap siang di lingkungan Bukit Senyum. Adapun sebuah spot selfie yang bisa anda gunakan untuk berswafoto. Spot tersebut berupa beranda yang terbuat dan dipagari oleh kayu – kayu. Jika anda main ke Bukit Senyum, sudah pasti anda akan benar – benar tersenyum melihat pemandangan yang disuguhkan dari spot selfie ini. Ditambah dengan udara hutan pinus yang sejuk, akan menambah lebar senyuman anda.

photo by @_rahman_s on instagram

Baca Juga :
Destinasi wisata sekitar Bukit Senyum

1. Gunung Burangrang

Rute dan Akses

Rute untuk menuju Bukit Senyum adalah melewati jalan Kolonel Masturi. Dari jalan Kolonel Masturi, ambilah jalur sebelah kiri di pertigaan sekolah polisi Cisarua dan arahkan kendaraan anda menuju Desa Cipada. Jika anda ragu, anda dapat bertanya pada warga sekitar mengenai keberadaan bukit senyum. Yang pasti, jalan menuju Bukit Senyum ini cukup.menantang dengan jalan yang berkelak – kelok dan tanjakan serta turunan. Ingin merasakan senyum lebar di atas bukit? Ayo ke Bukit Senyum ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top