Kuliner

KERUPUK GURILEM – CEMILAN ENAK DARI CILILIN

GURILEM
photo by @renibean on instagram

Pada zaman ini, siapa yang tidak menyukai penganan ringan bernama kerupuk. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih, membuat camilan satu ini digemari berbagai kalangan. Dari balita sampai orang tua. Tapi pernah kah anda merasakan sensasi lain makan kerupuk? Jika belum, anda wajib mencoba penganan kecil khas Bandung Barat yang dinamai gurilem. Gurilem adalah kerupuk berbentuk panjang seperti mie yang dibumbui dengan berbagai bumbu lainnya seperti garam, cabai kering dan bawang. Beberapa orang menyebut gurilem ini dengan sebutan kerupuk cacing, karena bentuknya seperti cacing.

Bahan dasar dari gurilem ini sama dengan bahan dasar kerupuk pada umumnya, yaitu tepung tapioka. Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Hanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Pertama, tepung tapioka dicampurkan dengan garam. Kemudian dicampurkan dengan air dingin. Setelah adonan tercampur, campurkan adonan tersebut dengan air panas sampai tidak lengket lagi. Setelah adonan tidak lengket, maka adonan siap untuk dicetak. Cetakan kerupuk gurilem ada yang masih sederhana, adapula yang sudah mekanik.

gurilem

photo by @danidantje on instagram

Jika menggunakan cetakan sederhana, pemberat dari cetakan tersebut adalah batu. Adonan yang sudah dicetak, ditadah kedalam wadah berupa nampan. Kemudian nampan berisi adonan yang berbentuk panjang seperti mie ini dikukus. Perjalanan belum selesai. Adonan yang sudah dikukus kemudian dijemur selama dua hari untuk kemudian siap digoreng.

Baca Juga:
Camilan dan Kuliner Khas Sunda lainnya

Jika kerupuk biasa digoreng dengan minyak panas, maka tidak dengan gurilem. Proses penggorengan gurilem tidak menggunakan minyak, melainkan menggunakan pasir. Setelah mengembang sempurna, barulah kerupuk gurilem bisa diangkat dan diberi bumbu. Biasanya gurilem disajikan dalam rasa yang cukup pedas menggunakan bubuk cabai kering.

Jika anda berminat mencicipi pedasnya kerupuk gurilem, anda bisa mendapatkannya di daerah Cililin, Kab. Bandung Barat. Karena selain sebagai sentra pembuatan wajit, Cililin juga merupakan rumah produksi dari gurilem. Tidak hanya di Cililin, pada saat ini gurilem dapat dengan mudah ditemui di pusat jajanan atau toko oleh-oleh. Harga yang ditawarkan untuk sekantung gurilem pun tidaklah mahal. Anda dapat membeli gurilem dengan harga yang sangat terjangkau. Tertarik mencoba kerupuk gurilem?

Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top