Kabupaten Bandung Barat

SPOT FOTO UNDERWATER DI MATA AIR CISALADAH – BANDUNG BARAT

cisaladah bandung barat
photo by @agungahmadmustofaaa on instagram

Satu lagi wisata alam bertemakan underwater yang tidak kalah cantik dengan Umbul Ponggok yang sudah sangat tersohor di dunia travelling. Jika sebelumnya kami membahas wisata underwater bernama Sendang Geulis Kahuripan, kali ini kami akan membahas wisata underwater lainnya yang juga berada di Kabupaten Bandung Barat. Yaitu mata air Cisaladah yang berlokasi di Desa Ganjarsari, Ciparang, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, yang juga tidak jauh dari Sendang Geulis Kahuripan. Mata air Cisaladah memiliki beberapa mata air, dan beberapa diantaranya konon dikeramatkan oleh warga sekitar. Sehingga jika anda hendak mandi dan berfoto underwater di mata air Cisaladah ini, sebaiknya anda bertanya dulu pada warga, mata air mana kah yang boleh digunakan untuk mandi. Selain airnya yang jernih dan segar, mata air Cisaladah memiliki keunikan lain, yaitu, anda dapat berenang bersama ikan – ikan mas dengan ukuran besar disana.

photo by @yahya_hs91 on instagram

Seperti hal nya Sendang Geulis Kahuripan, mata air Cisaladah ini pun belum banyak diketahui oleh banyak orang. Sehingga suasana sekitar mata air masih sangat asri dan belum terjamah oleh banyak tangan jahil. Namun begitu, fasilitas di mata air Cisaladah ini sudah mulai dilengkapi. Di pinggir mata air, terdapat sebuah lesehan yang bisa anda gunakan untuk bersantai sambil menghangatkan badan setelah bermain air dan berfoto underwater. Untuk toilet pun sudah disediakan, sehingga anda yang bermain air disini tidak perlu bingung mencari dimana tempat untuk berganti pakaian. Meskipun fasilitas lainnya belum lengkap, anda tidak akan menyesal pernah bermain di mata air Cisaladah.

photo by @reizamiftah on instagram

Rute dan Akses

Untuk dapat menjangkau mata air Cisaladah, anda harus memiliki kesabaran yang tinggi dan tentu nya berhati – hati. Karena medan yang ditempuh pun tidak lah mudah. Anda akan disambut oleh jalan berbatu dengan kemiringan yang cukup ekstrem. Dan, karena angkutan untuk mencapai daerah ini cukup jarang, sehingga disarankan anda membawa kendaraan sendiri. Rute yang harus anda tempuh agar bisa sampai ke mata air Cisaladah ini, patokan pertama adalah Stasiun Padalarang, menuju Desa Sukatani. Kemudian melaju lah terus ke daerah Cipada. Dari daerah Cipada, anda dapat bertanya pada warga sekitar akses menuju situ Cisaladah. Tertarik mencari keberadaan mata air selain yang masih asri dan perawan? Ayo ke Cisaladah ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top