Kabupaten Bandung Barat

CURUG BELLA ROSA (CURUG KERATON) – DESTINASI BARU DI MARIBAYA

curug bella rosa/curug keraton
photo by @lyndaherliyanni on instagram

Jika membahas wisata alam Bandung Barat, rasanya tidak akan pernah ada ujungnya. Dari mulai Curug Malela di Cililin, sampai The Lodge di Maribaya. Bicara soal Maribaya, ternyata The Lodge bukanlah akhir dari wisata alam Bandung Barat. Terdapat sebuah wisata alam lainnya yang terbilang masih baru dan belum diketahui banyak orang. Tersebutlab Curug Bella Rosa yang berada di kawasan Cibodas. Tepatnya di Jl. Barukisu, Kp. Ganop, Desa Suntenjaya, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat. Curug Bella Rosa merupakan sebuah air terjun dengan ketinggian lima meter. Jauh dengan beberapa curug yang pernah dibahas. Namun curug ini cukup digandrungi karena keunikannya terletak pada bebatuan yang bertumpuk sebagai jalan aliran air dari curug ini. Sebelumnya, curug ini disebut oleh warga sekitar dengan nama curug ratu atau curug keraton. Belum ada asal usul yang pasti mengapa curug tersebut disebut curug keraton. Namun setelah dikelola dan diresmikan oleh pihak Perhutani, dengan kesepakatan bersama, curug ini diberi nama Curug Bella Rosa.

curug bella rosa/curug keraton

photo by @wibowo_rider on instagram

Meskipun terbilang baru, Curug Bella Rosa sudah mulai ditata dan dilengkapi fasilitasnya. Agar pengunjung yang datang ke Curug Bella Rosa dapat menikmati keindahan alam dengan nyaman. Adapun fasilitas yang sudah disediakan, berupa saung atau gazebo dengan atap ijuk dan rangka dari bambu. Untuk anda yang mempunyai hobi memancing pun, anda dapat merasakan sensasi memancing ikan sambil menikmati keindahan air terjun. Jika hanya inhin bersantai sambil merasakan sejuknya udara sekitar Curug Bella Rosa, terdapat sebuah jungkat – jungkit yang terbuatvdari kayu gelondongan yang besar, sehingga anda bisa menggunakannya sambil bersenda gurau dengan teman atau pasangan anda. Jika anda ingin merasakan kehangatan saat melihat air terjun, tersedia pula sebuah spot untuk anda membuat api unggun. Uniknya, spot ini berbentuk hati. Sehingga bukan hanya digunakan untuk menyalakan api unggun, tapi juga digunakan untuk mengambil foto atau selfie.

curug bella rosa/curug keraton

photo by @wibowo_rider on instagram

Rute dan Akses

Rute yang harus anda ambil jika ingin berkunjung ke Curug Bella Rosa, sama dengan rute yang harus anda ambil jika hendak menuju The Lodge Maribaya. Dari The Lodge, lanjutkan perjalanan anda sampai bertemu perempatan, lalu ambilah jalan ke kiri sampai anda bertemu dengan hutan pinus. Dari sana, lanjutkan perjalanan anda dengan berjalan kaki menelusuri hutan, karena Curug Bella Rosa ini terdapat ditengah hutan. Jika anda ragu dengan jalan yang anda ambil, tanyakanlah pada warga sekitar keberadaan Curug Bella Rosa atau Curug Keraton. Bagaimana, berminat memancing sambil menikmati air terjun? Ayo ke Curug Bella Rosa ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top