curug ngebul

CURUG NGEBUL – TEMPAT INDAH DI HILIR CURUG MALELA

photo by @gamma_sundaya on instagram

Berlibur dan menenangkan diri di alam memang sudah menjadi tren masa kini di kalangan remaja. Karena selain menenangkan diri, bermain di alam punya beberapa bonus, pikiran tenang, badan terasa segar, dan menambah koleksi foto tentunya. Namun kadang niat untuk menenangkan pikiran bisa buyar karena ricuhnya suasana alam oleh pengunjung yang terlampau banyak, sehingga mengurangi ketenangan yang selama ini dicari.

Jika beberapa kali anda mengunjungi daerah wisata alam dan batal karena terlalu banyak orang, tidak halnya dengan satu wisata alam yang masuh sangat perawan ini. Terletak di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Kp. Cisitu, Desa Sindangjaya, Kec. Gununghalu, ada satu curug yang masih sangat perawan dan tersembunyi dari khalayak umum. Namanya, Curug Ngebul.

Curug Ngebul ini bisa dibilang masih murni dan bersih dari jamahan tangan jahil para pengunjung, karena Curug Ngebul belum dikelola oleh pihak manapun. Hanya dikelola oleh beberapa warga sekitar, sehingga fasilitas di Curug Ngebul masih minim. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dengan lebar kurang lebih 5 meter. Karena ketinggian curug inilah, ketika debit air sedang tinggi, air yang jatuh akan menimbulkan butiran – butiran embun yang berkumpul menyerupai asap. Sehingga curug ini dinamakan Curug Ngebul.

curug ngebul

photo by @mochadjamalfarizqi on instagram

Air dari Curug Ngebul ini berasal dari salah satu curug yang fenomenal di Bandung Barat, yaitu Curug Malela. Karena, Curug  ini berada di bagian hilir dari Curug Malela, yang aliran airnya berasal dari aliran sungai Cidadap.

Baca Juga
Destinasi Wisata Sekitar Curug Ngebul

Rute dan Akses

Dikarenakan masih tersembunyi, akses menuju Curug Ngebul ini cukup sulit dan hanya bisa mengandalkan warga sekitar sebagai penunjuk arahnya. Karena belum ada petunjuk jalan sama sekali untuk menuju lokasi. Untuk arah pertama yang harus anda lalui adalah Cililin. Dari Cililin, teruslah melaju ke arah Gununghalu. Sesampainya di Gununghalu, arahkan kendaraan anda ke Desa Celak Kidul, ketika anda sampai di Celak Kidul, tanyakanlah pada warga sekitar jalan setapak menuju Curug Ngebul.

Tertantang mencari wisata alam yang masih perawan? Ayo ke Curug Ngebul ! Let’s Find and Explore !