Kabupaten Bandung Barat

CURUG PANGANTEN – KEINDAHAN ALAM YANG TERSEMBUNYI

curug panganten by @mbiddd
photo by @mbiddd on instagram

Membahas destinasi wisata alam rasanya tidak akan pernah ada habisnya. Kali ini kami akan membahas salah satu lokasi yang dapat dijadikan destinasi wisata untuk anda yang menyukai panorama alam terutama air terjun atau curug. Berlokasi di Bandung Barat, tepatnya di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, terdapat sebuah air terjun yang kerap dijuluki Curug Panganten. Sebuah air terjun di ketinggian 1050 Mdpl dengan tinggi kurang lebih 50 meter ini menyimpan mitos dan sejarah tersendiri. Dulu, Curug Panganten ini dikenal dengan Curug Manglayang. Namun menurut mitos yang beredar di masyarakat, pada zaman dahulu ada sepasang kekasih yang baru saja menikah dan bermain ke air terjun tersebut. Lalu karena sebuah kejadian tidak terduga, sepasang pengantin baru tersebut terjatuh dan terseret arus dari air terjun. Adapun yang mengatakan bahwa mereka bukan terpeleset dan jatuh ke dalam aliran air terjun, melainkan bunuh diri bersama. Sehingga sejak kejadian itu pun air terjun ini diberi nama Curug Panganten. Sedangkan menurut versi lain, air terjun ini memiliki dua aliran sungai yang saling berdampingan layaknya sepasang kekasih atau pengantin, maka disebutlah dengan nama Curug Panganten.

Suasana di Curug Panganten terbilang masih sangat perawan. Ini disebabkan karena Curug Panganten tidak terlalu terkenal seperti Curug Pelangi, bahkan jika boleh dikatakan lokasi Curug Panganten ini cukup tersembunyi. Jika anda mencari spot foto di tempat ini, rasanya anda akan kurang puas karena sekeliling Curug Panganten ini hanyalah pepohonan dan tebing. Namun jika anda adalah seorang penikmat alam, pecinta hiking ringan dan seorang yang menyukai kesunyian, ini adalah tempat yang cocok untuk anda. Fasilitas dari Curug Panganten ini pun sangat minim. Belum ada toilet ataupun warung disekitar sini. Sehingga bagi anda yang ingin ke toilet saat berkunjung kesini, harus kembali ke daerah wisata alam Katumiri yang berada di jalan menuju Curug Panganten. Karena sebenarnya, Curug Panganten merupakan bagian dari wisata alam dan outbond Katumiri. Sayang, semenjak pengelolaan wisata alam Katumiri berpindah tangan, wisata alam tersebut menjadi tidak terawat dan terbilang kumuh. Ini pula yang membuat kondisi Curug Panganten tidak terperhatikan sebagaimana mestinya.

Meskipun terbilang kumuh dan tidak terawat, anda tetap dapat menikmati kesejukan yang ditawarkan dari Curug Panganten ini. Dan untuk mencapai Curug Panganten, dari arah Cimahi anda harus mengambil jalan ke arah Parongpong. Tepatnya di dekat perumahan dan Wisata Alam Katumiri. Disarankan untuk mengenakan sepatu atau sandal gunung jika hendak berkunjung kesini. Karena dari Wisata Alam Katumiri, anda masih harus menepuh jarak sekitar 2 Km dengan track berbatu dan licin jika turun hujan. Penasaran dengan wisata alam yang masih tersembunyi ini? Ayo berkunjung ke Bandung Barat ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top