Kabupaten Bandung Barat

CURUG SAWER – CURUG DENGAN SEJUTA KEINDAHAN

curug sawer bandung barat

Bicara soal wisata alam, khususnya air terjun serasa tak pernah ada habisnya. Masih di daerah Bandung Barat, terdapat sebuah curug yang tidak kalah dengan deretan curug lainnya, yaitu Curug Sawer. Seperti kita ketahui, Curug merupakan bahasa Sunda yang berarti air terjun. Sedangkan sawer adalah sebuah tradisi sunda yang dilakukan oleh sepasang pengantin yang baru saja melakukan akad nikah. Tradisi tersebut dilakukan dengan cara melemparkan uang logam, permen dan kadang dicampur dengan beras ke arah tamu undangan sebagai symbol berbagi rezeki dari kedua mempelai. Lalu apa hubungannya dengan Curug Sawer? Konon, Curug Sawer dulu digunakan sebagai tempat bertemunya muda – mudi yang memadu kasih. Dan barangsiapa datang bersama pasangannya ke Curug Sawer, hubungan mereka akan langgeng sampai ke jenjang pernikahan. Bukan hanya itu, dipercayai jika anda mandi di aliran air Curug Sawer ini, anda akan awet muda dan segera bertemu dengan jodoh anda. Uniknya, Curug Sawer memiliki aliran air dengan beberapa tingkatan, yang sangat cocok untuk anda jadikan spot untuk mengambil foto.

Wana wisata Curug Sawer yang dikelola oleh Perhutani Cililin ini memiliki luas sekitar 8 Ha dan berada di ketinggian 1700 Mdpl. Bukan hanya itu, Curug Sawer pun dikelilingi hutan pinus, sehingga anda dapat menikmati udara sejuk sepanjang perjalanan menuju Curug Sawer. Anda juga dapat memanfaatkan area hutan pinus ini sebagai sarana olahraga seperti jogging dan jalan santai. Fasilitas di Curug Sawer ini sudah lengkap meskipun masih dalam kata standar. Terdapat beberapa saung yang dapat digunakan untuk membuka bekal makan dan menghilangkan haus dan lapar anda, toilet dan mushala pun sudah tersedia disana.

Lokasi Curug Sawer, berada di daerah Cililin, tepatnya di Desa Karang Tanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Sehingga rute pertama yang harus anda tuju tentunya adalah Cililin. tidak jauh dari Jalan Raya Cililin, anda akan menemukan gerbang masuk Wana Wisata Curug Sawer. Dan anda harus berjalan kaki dari gerbang masuk sampai berada di kawasan curug sejauh kurang lebih 2,5 Km. Ingin membuktikan mitos yang beredar di sana? ayo ke Curug Sawer ! Let’s Find and Exxplore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top