Kabupaten Bandung Barat

DANAU WAKADOBOL – DANAU INDAH DITENGAH AKTIFITAS GALIAN

danau wakadobol
photo  by @wuuhuuw on instagram

Apa yang terlintas dalam pikiran anda, jika diberikan sebuah kata ‘danau’? Pasti imaji anda akan menggambarkan sebuah bentangan airyang luas dikelilingi oleh pepohonan, bukit, atau rerumputan yang berwarna hijau. Suasana asri, alam yang sejuk dan tentunya udara yang dingin. Tapi hal ini tidak berlaku bagi Danau Wakadobol, sebuah danau tadah hujan alami yang terbentuk akibat aktivitas penggalian pasir dan batu. Dapat anda bayangkan, tidak ada pepohonan dan bukit hijau di sekitar danau tersebut, hanya sebuah tebing di salah satu sudut nya. Tidak ada yang tahu persis bagaimana dan siapa yang memberikan nama Wakadobol pada danau tersebut. Namun jika diartikan, Wakadobol merupakan kata dari bahasa Sunda yang memiliki arti sudah jebol. Mungkin pemberian nama ini berkaitan dengan asal mula tempat ini yang hanya berupa gunung pasir. Akibat penggalian pasir dan batu yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, terbentuklah sebuah cekungan yang pada akhirnya menampung air hujan secara alami.

danau wakadobol

photo by by @iddaiym_ on instagram

Danau Wakadobol sebenranya bukanlah tempat wisata ataupun rekreasi. Seperti dikatakan sebelumnya, tempat ini merupakan tempat galian pasir sebuah perusahaan. Sehingga, jika anda berkunjung kesini, anda tidak akan mendapati fasilitas umum apapun. Hanya beberapa warung yang berjejer di sekitar lokasi. Namun keterbatasan fasilotas, tidak menghalangi para pengunjung yang kebanyakan adalah kaum muda – mudi. Sebab warna air Danau Wakadobol yang berwarna hijau, sangat indah ketika anda mengambil beberapa gambar di salah satu sudut dari danau tersebut. Pihak perusahaan pun sebenarnya telah memasang papan peringatan agar tidaj memasuki area Danau Wakadobol, karena termasuk berbahaya. Mengingat banyaknya alat berat yang ada di sekitaran danau. Tapi para pengunjung tetap ramai, terutama di hari minggu, ketika kegiatan penggalian diliburkan dan pengawasan dari pihak perusahaan tentu saja tidak seketat hari biasa.

danau wakadobol

photo by @wildanshobara on instagram

Rute dan Akses

Untuk dapat menikmati keindahan Danau Wakadobol, rute yang harus anda tempuh adalah Batujajar, tepatnya Kampung Cicekek, rt 2/2, Desa Giriasih,Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. Warga sekitar sudah menyediakan akses masuk ke daerah Danau. Anda harus berjalan dengan medan bebatuan pasir menanjak sekitar sepuluh menit untuk dapat melihat danau ini. Namun diingatkan bagi anda yang hendak ke Danau Wakadobol, jangan sesekalk berenang di danau ini, mengingat kedalamannya yang hampir mencapai 5 meter. Dan tentu saja selalu berhati – hati karena area ini adalah area yang berbahaya. Bagaimana, tertarik melihat danau berwarna hijau? Ayo ke Danau Wakadobol ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top