GUNUNG BATU LEMBANG – MENIKMATI PANORAMA BANDUNG DARI KETINGGIAN

gunung batu lembang
photo by @tyuniar93 on instagram

Tidak jauh dari pusat Kota Lembang, terdapat sebuah destinasi wisata alam yang tidak masih jarang disambangi. Gunung Batu namanya. Gunung Batu, merupakan salah satu patahan Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Menurut warga sekitar, gunung dengan komposisi bebatuan padat dan kokoh ini merupakan hasil dari letusan Gunung Sunda purbakala. Dan karena sebagian besar material gunung ini adalah batu, maka gunung ini lebih banyak dikenal dengan nama Gunung Batu Lembang. Tinggi dari Gunung Batu sendiri kurang lebih 1.335 mdpl. Ketinggian yang relatif rendah inilah, membuat Gunung Batu sedikit terlupakan karena kurang menantang. Namun begitu, Gunung Batu merupakan tempat yang cocok untuk anda jika ingin berburu matahari terbit ataupun menikmati indahnya senja dari ketinggian. Dari puncak Gunung Batu, jika anda melihat ke sebelah utara, anda akan secara langsung melihat Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang dan Gunung Putri. Jika anda melihat ke sebelah timur, anda akan melihat penampakan dari Gunung Bukittunggul dan agak jauh dari situ anda akan melihat gambaran Gunung Manglayang. Sedangkan jika melihat ke arah selatan, anda akan melihat jajaran Gunung Malabar, Gunung Haruman dan Gunung Patuha dari kejauhan.

gunung batu

photo by @ziexxx on instagram

Ketika anda sampai di Puncak Gunung Batu, anda akan mendapati sebuah bangunan yang dimanfaatkan oleh Badan Geologi Jawa Barat sebagai Stasiun Pemantauan Gempa Bumi. Hal ini tentu saja dikarenakan Gunung Batu adalah salah satu Patahan Lembang yang berpotensi menimbulkan gempa. Meskipun begitu, kawasan Gunung Batu ini dikelilingi oleh pemukiman dan kebun – kebun milik penduduk. Di sisi lain dari bangunan pemantauan gempa, anda akan menemukan sebuah makam yang dikeramatkan oleh warga setempat. Jika anda bosan hanya berduduk – duduk atau bersantai di puncak Gunung Batu, anda pun dapat memanfaatkan area ini untuk beberapa kegiatan alam lainnya seperti rock climbing, hammocking,dan juga camping. Namun untuk semua kegiatan tersebut, anda harus membawa peralatan sendiri dan sangat berhati – hati serta menjaga keselamatan diri anda. Karena, kawasan ini sama sekali belum dikelola oleh pihak manapun, termasuk warga. Dan mengingat lebar dari Gunung Batu yang tidak terlalu luas ini, anda harus berhati – hati pula dalam menentukan tempat untuk mendirikan tenda.

photo by @mfauzirchmn on instagram

Akses menuju Gunung Batu Lembang ini tidak lah sulit. Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan angkot, ojeg, ataupun kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Lembang, ambilah arah menuju jalan Maribaya. Di Jl. Raya Maribaya, lurus terus dan belok kanan sampai Jl. Buka Nagara. Dari sini anda sudah dapat melihat Gunung Batu dari kejauhan. Setelah melewati Jl. Buka Nagara, belok kiri melewati Jl. Buniwangi dan anda sudah berada di jalur pendakian Gunung Batu. Tunggu apalagi? Let’s Find and Explore !

Artikel Terkait

One Thought to “GUNUNG BATU LEMBANG – MENIKMATI PANORAMA BANDUNG DARI KETINGGIAN”

Comments are closed.