Kabupaten Bandung Barat

GUNUNG HAWU – MENGHABISKAN WAKTU LIBURAN ANTI MAINSTREAM

gunung hawu padalarang
photo by @fajarsyahbana on instagram

Gunung Hawu terletak di kecamatan Padalarang, Bandung Barat. Padalarang memang dikenal sebagai tempat dengan gunung batu kapur yang menjulang, salah satu yang populer dikalangan anak gunung adalah Tebing Gunung Hawu. Tebing Gunung Hawu ini berada di balik tebing Citatah 125 atau biasa disebut dengan Gunung Kapur Singgalang. Untuk mencapainya, kamu harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari tebing Citatah.

Gunung Hawu ini unik, karena membentuk gua (hawu) bila dilihat dari depan atau membentuk lubang bila dilihat dari atas. Adapun secara ilmiah gunung ini sering disebut-sebut memiliki lengkungan alam. Proses terbentuknya lengkungan alam di Gunung Hawu sangatlah unik dan menjadi perhatian ilmuan di bidang perbatuan. Lengkungan alami Gunung Hawu ini mengingatkan pada beberapa lengkungan alami yang terdapat di beberapa Monumen Nasional di Amerika Serikat. Di antaranya berada di Natural Bridge Virginia dan Arches National Monument di Utah. Lengkungan alami di Virginia dan Utah memiliki dimensi yang sangat besar. Begitu besarnya sehingga seperti jembatan alami. Bahkan, Jalan Raya No. 11 melintas di atas Jembatan Alam di Virginia.

Aktifitas yang dapat dilakukan di tebing Gunung hawu bukan hanya panjat memanjat, di sini juga kamu akan merasakan berbagai pengalaman seru yang menantang dan memacu adrenalin seperti hammocking di ketinggian, berjalan di atas tali dari satu tebing ke tebing lainnya, tidur di seutas tali dari ketinggian yang luar biasa.

Terdapat beberapa rute menuju Gunung Hawu

1. Dari Bandung melalui kampung cidadap:
-Kendaraan pribadi : Berangkat melalui tol pasteur keluar padalarang (jika menggunakan mobil), menuju ke arah Parapatan Arab atau Tagog.
-Menggunakan Bus dari Terminal Leuwi Panjang: naik bis jurusan Cianjur/Bogor turun di Parapatan Arab atau di Tagog.
-Dari Tagog atau dari Parapatan Arab, segera menuju kampung Kepuh, dan lanjut ke kampung cidadap (akan melewati perkebunan jambu biji)
2. melalui kampung pamucatan
-Kendaraan pribadi : Berangkat melalui tol pasteur keluar padalarang (jika menggunakan mobil), menuju ke arah padalarang dengan patokan jalan raya depan Pabrik Kurnia.
-Menggunakan Bus dari Terminal Leuwi Panjang: naik bis jurusan Cianjur/Bogor turun di jalan raya depan Pabrik Kurnia.
-Alternatif gunakan damri jurusan objek wisata Situ Ciburuy, dari situ ciburuy kemudian naik angkutan umum yang ke arah Cipatat, berhenti di jalan raya depan Pabrik Kurnia.

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top