Kabupaten Bandung

KAWAH PUTIH – EKSOTISME ALAM KABUPATEN BANDUNG

kawah putih ciwidey
photo by @ikhmalputra on instagram

Kabupaten Bandung merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Bandung Barat. Adapun kawasan yang masuk dalam area Kabupaten Bandung ini adalah Ciwidey. Siapa yang tidak mengenal daerah ini. udara sejuk dan pemandangan asri, membuat Ciwidey tidak kalah terkenal dengan wisata alam di Bandung Barat. Kali ini, dari Kabupaten Bandung kita akan membahas salah satu wisata alam yang cukup melegenda. Kawah Putih. Sesuai dengan namanya, Kawah Putih merupakan sebuah danau Kawah yang terbentuk secara alami akibat letusan dahsyat gunung Patuha. Dulu, kawasan ini terbilang angker, karena setiap burung yang terbang melewati kawasan ini akan mati. Hingga pada akhirnya pada tahun 1837 seorang ilmuwan bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn mendatangi kawasan ini dan menemukan sebuah danau dengan bau belerang yang sangat menyengat. dan mitos pun terpatahkan. Kawasan Kawah Putih ini mulai dikembangkan menjadi kawasan wisata alam pada tahun 1987. Konon, sebelum menjadi kawasan misata alam, Kawah Putih ini juga pernah dijadikan sebagai pabrik belerang karena kandungan belerang yang terkandung dalam air danau ini cukup pekat.

Area wisata alam ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Baik foto untuk dokumentasi pribadi, maupun untuk keperluan lain seperti prewedding misalnya. Namun untuk dapat berfoto prewedding disini, anda harus meminta izin terlebih dahulu pada pengelola kawasan ini. Mengingat lokasi wisata dan gerbang masuk yang bisa dibilang cukup jauh, anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus, karena terdapat banyak warung – warung yang menjajakan makanan ringan sampai makanan berat untuk mengisi perut anda. Selain itu, fasilitas toilet dan mushala pun sudah lengkap disini.

Untuk menuju kawasan Kawah Putih ini, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan angkutan umum. Jika anda menggunakan angkutan umum dari Kota Bandung, anda harus naik angkutan umum jurusan Leuwi Panjang – Soreang dari terminal Leuwi Panjang dan melanjutkan dengan angkutan umum Soreang – Ciwidey. Dari alun – alun Ciwidey anda harus naik satu kali lagi angkutan umum jurusan Ciwidey – Situ Patenggang. Sesampainya di Kawah Putih, anda bisa memilih cara untuk dapat mencapai danau kawah. Untuk anda yang membawa kendaraan pribadi dan merasa lelah, cukup parkirkan kendaraan di dekat pos masuk, anda akan diantarkan dengan mobil wisata Kawah Putih untuk mencapai danau kawah. Hanya saja ada biaya tambahan jika ingin menggunakan mobil wisata ini. Dan untuk anda yang memang membawa kendaraan pribadi dan ingin membawa kendaraan anda untuk menuju danau kawah, jangan lupa memeriksa kondisi kendaraan anda, karena jalan yang ditempuh dari pos masuk cukup jauh dan terjal. Untuk mobil pun terkadang harus menggunakan gigi satu. Jalan terjal dan berkelok – kelok akan mengantarkan anda ke sebuah pos lagi, dari sini anda harus berjalan kaki untuk masuk melihat danau kawah. Tapi tenang, sudah disediakan anak tangga beserta pegangannya agar pengunjung merasa nyaman saat berjalan kaki. Di ujung anak tangga itulah, anda akan mendapati sebuah danau kawah berwarna putih dengan hamparan bebatuan dan pasir – pasir putih. Terkadang air dari kawah yang berwarna putih ini bisa berubah menjadi kebiruan. Dan tentunya, bau belerangnya sangat menyengat. Maka, disarankan agar anda membawa masker dan tidak berdiam terlalu lama di kawasan ini, khususnya untuk anda yang membawa anak kecil.

kawah putih ciwidey

photo by @indopicnic on instagram

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top