Kabupaten Bandung Barat

KEBUN TEH SUKAWANA – SENSASI ALAM BANDUNG BARAT

sukawana
photo by @novapry on instagram

Bosan dengan gaya liburan yang itu – itu saja? Sudah pernah melakukan perjalanan di tengah – tengah perkebunan teh atau tea walk? Jika belum, mungkin kegiatan satu ini bisa menjadi rekomendasi anda menghabiskan akhir pekan di Bandung Barat, tepatnya di Perkebunan Teh Sukawana. Berlokasi diantara gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Parahu, membuat anda yang berjalan – jalan di perkebunan teh milik PTPN VIII ini tidak akan merasakan bosan. Karena selain disuguhi hamparan hijau dedaunan teh, anda juga dapat merasakan udara segar dan sejuk yang bertiup dari hutan pinus sekitar gunung Burangrang. Perkebunan Teh Sukawana, dulunya dikenal dengan nama “pangheotan” yang konon diambil dari nama seorang bangsawan Belanda bernama Van Houten yang memiliki perkebunan sekitar sana. Namun kemudian perkebunan teh ini diberi nama Kebun Teh Sukawana oleh PTPN VIII.

sukawana

photo by @andhikabayu on instagram

Aktifitas dan Fasilitas

Selain menikmati udara sejuk yang didominasi harum daun teh yang terhampar di Perkebunan Teh Sukawana ini, anda juga dapat melakukan kegiatan alam lainnya yang tak kalah menarik. Anda dapat melihat langsung proses pengolahan teh di pabrik teh yang berada tidak jauh dari Perkebunan Teh Sukawana ini. Selain itu, anda juga dapat melakukan aktifitas camping di area ini. Memang tidak disediakan lahan khusus untuk anda mendirikan tenda, namun anda dapat dengan bebas memilih lahan yang akan anda jadikan tempat bermalam. Tentunya dengan seizin pihak pengelola. Fasilitas yang tersedia disini boleh dikatakan sudah cukup memadai untuk anda berwisata alam. Terdapat warung kecil yang bisa anda gunakan untuk beristirahat sambil menyantap beberapa makanan pengganjal perut. Sedangkan untuk toilet, sebenarnya tidak disediakan toilet umum di Perkebunan Teh Sukawana ini, namun terdapat sebuah masjid lengkap dengan toiletnya yang biasa digunakan oleh para pegawai perkebunan, sehingga anda tidak perlu bingung jika ingin buang air kecil atau buang air besar saat camping disini. Jika anda adalah seorang penggiat alam yang berkecimpung di dunia off road, anda pun bisa menikmati sensasi off road di hutan Sukawana dan berakhir di Cikole, Lembang.

sukawana

photo by @novapry on instagram

Rute dan Akses

Tidak perlu jauh – jauh mencari rute untuk dapat menikmati kegiatan di Perkebunan Teh Sukawana ini. Dari arah Bandung anda hanya perlu menuju ke arah Parongpong. Tidak jauh dari pertigaan Lembang – Parongpong, anda akan menemukan sebuah masjid besar di sebelah kanan dan tidak jauh dari sana terdapat sebuah jalan kecil yang berbatu. Masuklah ke jalan tersebut dan ikuti papan petunjuk menuju Perkebunan Teh Sukawana. Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi, mengingat kendaraan umum menuju area perkebunan masih sangat minim. Berminat untuk camping di tengah kebun teh? Ayo ke Sukawana ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top