Seni dan Budaya

KESENIAN TRADISIONAL SASAPIAN DESA CIHIDEUNG

sasapian desa cihideung
photo by @septianhandanovic on instagram

Kesenian “sasapian” telah dimainkan sejak dekade 1930-an di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Keberadaan kesenian “sasapian” di Kabupaten Bandung Barat tidak berhubungan dengan peternakan sapi yang banyak terdapat di kawasan Lembang. “Sasapian” berkaitan dengan pertanian. Dulu masyarajat Cihideung selain membudidayakan tanaman hias juga banyak juga yang bertani.

Pertunjukan kesenian sasapian diperagakan oleh sejumlah penari yang diiringi oleh musik tradisional Sunda, yang menggunakan instrumen seperti gendang, terompet, dan gong. Seorang penari masuk ke dalam sapi bohongan seperti pada kesenian barongsai, sedangkan beberapa penari yang lain menari seolah memburu sapi tersebut. Sebelum tarian dimulai, sapi bohongan yang terbuat dari bambu berbalut kain itu diberi sesaji oleh seorang pemimpin upacara. Ritual sasapian berlangsung cukup mistis, karena penari di balik sapi buatan bergerak-gerak tanpa sadar karna kerasukan roh halus.

Acara kesenian & kebudayaan “sasapian” ini biasa di selenggarakan setiap acara peringatan hari kemerdekaan 17 agustus, Cihideung Festival atau acara-acara teretentu.

Sumber : Pikiran Rakyat

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top