Kuliner

LOTEK – KHAS BANDUNG, SOLUSI VEGETARIAN

photo by @brojajan on instagram

Anda pecinta sayuran? Atau bahkan vegetarian? Suka makan sayur tapi bosan dengan sayuran yang itu – itu saja? Cobalah mengolah sayuran yang anda miliki menjadi sesuatu yang berbeda seperti lotek misalnya. Lotek merupakan makanan khas Sunda yang sudah tidak asing lagi di telinga anda. Lotek, adalah campuran berbagai sayuran yang disatukan dengan bumbu kacang. Makanan yang sering disebut salad Indonesia ini, sudah ada sejak zaman dulu. Cara membuatnya yang mudah, membuat semua orang dapat mencoba membuatnya dengan cita rasa dan selera masing – masing.

Sayuran yang digunakan cukup beragam. Adapun sayuran yang digunakan adalah kangkung, kacang panjang, toge, kentang dan kol. Atau jika anda ingin menambahkan sayuran lainnya pun anda bisa mencoba membuatnya dirumah. Karena cara membuat lotek sangatlah mudah. Sayuran yang sudah dibersihkan direbus sampai matang, dan tiriskan. Sementara itu, siapkan bahan – bahan untuk membuat sambal kacangnya berupa kacang tanah, bawang putih, cabai. Kacang tanah sangrai sebentar, kemudian masukan ke dalam ulekan. Haluskan bawang putih dan cabai.

lotek

photo by @renierst on instagram

Beberapa orang menghaluskan kentang/ubi saat proses pembuatan sambal kacang ini. Setelah cukup halus, masukan kacang tanah yang sudah disangrai untuk kembali dihaluskan. Tambahkan sedikit air sampai tekstur sambal kacang menjadi kental. Setelah itu masukan sayuran matang yang sudah dipotong – potong sesuai selera dan aduk sampai rata. Jika anda mau, anda bisa menambahkan serundeng atau parutan kelapa di atasnya. Lotek pun siap disajikan. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan nasi atau lontong, tergantung selera anda.

lotek

photo by @atlas_adn on instagram

Jika anda malas untuk membuat lotek di rumah, anda dapat menemukan penganan sehat ini di rumah makan khas Sunda. Dan untuk menyantap sepiring lotek, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena selain enak dan sehat, makanan ini terhitung murah. Sudah siap menyantap salad khas Indonesia? Dijamin ketagihan deh !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top