Kuliner

NASI TIMBEL, MAKANAN KHAS SUNDA YANG ISTIMEWA

photo by @suaraperut on instagram

Makanan apa yang biasanya anda temukan saat masuk ke rumah makan khas Sunda? Coba perhatikan daftar menu. Biasanya anda akan menemukan nama makanan yang tak asing. Nasi timbel, atau timbel komplit. Namun sudah tahu kah anda apa itu nasi timbel? Nasi timbel, merupakan makanan khas dari tatar Sunda. Konon, pada zaman dulu nasi timbel merupakan bekal makanan yang dibawa oleh petani untuk makan siang di sawah. Bekal tersebut berupa nasi yang dibungkus daun pisang, lengkap dengan lauk pauk nya. Dan ya, sampai saat ini, makanan yang merajai makanan Sunda ini, masih mempertahankan ciri khas nya, yaitu daun pisang.

photo by @omamuda on instagram

Nasi timbel sebenarnya sama dengan nasi – nasi lainnya. Beda nya hanya nasi timbel dibungkus dengan daun pisang. Tekstur nasi nya pun “pulen”, tidak terlalu lembek, dan tidak keras. Kenikmatan menyantap nasi timbel ini akan terasa sangat kental apabila disajikan saat nasi masih hangat. Sebagai bahan pelengkap dari nasi timbel, biasanya terdapat beberapa pilihan. Dari mulai ayam goreng, ayam bakar, atau hanya dengan sepotong asin jambal roti. Tentunya didampingi dengan sambal dan lalapan yang akan menambah selera makan anda. Sambal nya pun bisa dipilih. Biasanya beberapa rumah makan akan menyajikan nasi timbel dengan sambal terasi. Dan sebagai inovasi lainnya, kini nasi timbel dapat dinikmati bersama dengan sayur asem.

Jika anda tertarik menikmati nasi timbel, anda hanya perlu mencari rumah makan khas Sunda yang sudah tersebar di berbagai daerah. Atau anda dapat mencoba membuat nasu timbel di rumah, karena bahan yang anda perlukan hanya nasi, daun pisang, dan makanan pelengkap lainnya. Dan jangan lupa, yang terpenting adalah sambal. Karena makan nasi timbel tanpa sambal, rasanya akan terasa hambar. Bagaimana, tergoda menikmati kelezatan makanan khas Sunda? Ayo coba nasi timbel !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top