Kabupaten Bandung Barat

WISATA SEJARAH DAN SPOT SELFIE DI BENTENG PASIR IPIS LEMBANG

pasir ipis bandung barat
photo by @herdi_rudian on instagram

Bukti sejarah bahwa Indonesia pernah dijajah Belanda seakan tersebar meluas di Bandung Raya. Jika anda sudah membaca ulasan mengenai Gunung Putri, anda akan menemukan bunker atau bangunan tua peninggalan Belanda di puncak Gunung Putri. Ternyata bukan hanya bangunan itu saja yang menjadi saksi bahwa Belanda pernah berjaya di tatar sunda. Di daerah Pasir Ipis, tepatnya di Kampung Pasir Ipis, Rt 05/06, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, terdapat sebuah peninggalan penjajahan Belanda yang lainnya. Berbentuk sebuah benteng yang membentang hampir mencapai 1 Km, benteng peninggalan Belanda ini disebut dengan Benteng Pasir Ipis. Konon, benteng tua ini dibangun pada tahun 1891 – 1930. Benteng Pasir Ipis ini belum begitu terkenal di kalangan muda – mudi, karena memang Benteng Pasir Ipis belum masuk ke dalam salah satu bangunan yang dilestarikan oleh cagar alam.

photo by infobdg

Penampakan dari Benteng Pasir Ipis ini sendiri tidak seperti yang anda bayangkan jika mendengar kata “benteng”. Tentu anda akan berkhayal sebuah tembok besar yang membentang dan memiliki panjang berkilo – kilo meter. Tidak dengan Benteng Pasir Ipis. Bangunan Benteng Pasir Ipis sudah sebagian yang tertimbun tanah dan pepohonan. Serta bagian badan dari benteng ini pun sudah ditumbuhi lumut. Namun jika anda pintar memanfaatkan kamera yang anda punya, dijamin anda akan mendapatkan hasil gambar yang bagus jika berfoto di Benteng Pasir Ipis ini. Tidak jauh dari lokasi benteng, jika anda meneruskan perjalanan anda, anda akan mendapati sebuah air terjun kecil yang dapat anda manfaatkan untuk sekedar melepas lelah dan menyegarkan kembali badan anda. Fasilitas di Benteng Pasir Ipis pun belum memadai, karena kurangnya perhatian terhadap peninggalan Belanda ini. Namun begitu, anda tidak akan merasa rugi jika melakukan perjalanan atau hiking ke Benteng Pasir Ipis ini, karena sepanjang perjalanan menuju kawasan benteng, anda akan dikelilingi oleh hutan pinus dan disambut merdunya kicauan burung yang sudah sangat jarang ditemukan di perkotaan.

 

Rute dan Akses

Untuk dapat menyambangi Benteng Pasir Ipis ini, anda hanya perlu menuju pusat Kota Lembang. Sebelum memasuki kawasan Pasar Lembang, anda akan mendapati sebuah rumah makan bernama Mandarin. Ada sebuah jalan kecil dekat rumah makan tersebut, ikutilah jalan tersebut atau bertanya langsung pada warga sekitar untuk dapat sampai ke Benteng Pasir Ipis. Tertarik berfoto di benteng yang tenggelam? Ayo ke Benteng Pasir Ipis ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top