Kota Bandung

PESONA GUNUNG MANGLAYANG – KEINDAHAN YANG TAK PERNAH HILANG

gunung manglayang
photo by @mfauzirchmn on instagram

Setelah membahas kaki gunung Manglayang, kini kita akan beralih membahas jalur pendakian Gunung Manglayang. Gunung Manglayang merupakan gunung bertipe stratovolcano atau gunung berapi yang mengerucut meskipun tidak diketahui kapan letusan terakhir gunung ini. Seperti telah dibahas sebelumnya, Gunung Manglayang ini terletak di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Meskipun ketinggian gunung ini terbilang rendah, yaitu 1.818mdpl namun medan di jalur pendakian gunung ini tidak bisa dianggap remeh. Sebenarnya terdapat beberapa jalur pendakian untuk dapat mencapai puncak gunung Manglayang, namun yang sering digunakan oleh para pendaki adalah jalur Batu Kuda dan Barubereum. Jalur Batu Kuda pun sudah dibahas sebelumnya. Sedangkan jalur pendakian Barubereum terletak di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

awal jalur pendakian manglayang

Medan untuk jalur pendakian Batu Kuda cenderung landai dengan beberapa tanjakan yang tidak curam. Jika anda menggunakan jalur ini untuk menuju puncak gunung Manglayang, anda akan menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan berjalan santai. Jalur yang tertutup rimbun dan dedaunan pohon ini pun tidak akan membuat anda merasa kepanasan saat mendaki. Sedangkan untuk jalur Barubereum, medan yang dilalui cukup terjal dan licin karena merupakan jalur air. Sehingga tidak disarankan untuk melakukan pendakian melalui jalur ini disaat musim penghujan. Jarak yang ditempuh untuk mencapai puncak gunung Manglayang melalui jalur ini kurang lebih 2 jam perjalanan. Dari kedua jalur ini, tidak ada pos atau shelter yang ditemui selama pendakian karena mengingat jarak yang ditempuh tidak begitu jauh. Selain itu, kedua jalur tersebut hanya menyediakan sumber air di gerbang utama sebelum melakukan pendakian. Tempat untuk mendirikan tenda yang direkomendasikan pun hanyalah di puncak bayangan atau puncak gunung Manglayang. Mengingat jalur yang dilalui berupa tanjakan – tanjakan dan cukup berbahaya jika anda memaksa mendirikan tenda. Sama hal nya dengan jalur Batu Kuda, jalur Barubereum ini pun tertutup oleh rimbun dedaunan sehingga pemandangan Kota Bandung tidak akan begitu jelas anda lihat.

Pemandangan yang menjanjikan, justru baru terlihat di puncak bayangan. Sedangkan di puncak sejati gunung Manglayang, justru tertutup pepohonan. Di puncak sejati ini pula terdapat satu makam yang dipercaya sebagai makam leluhur gunung Manglayang.

Rute dan Akses

Untuk dapat melakukan pendakian dari Wanawisata Batu Kuda, dari Kota Bandung anda hanya perlu mengambil jalur kea rah Cileunyi. Tidak jauh dari bundaran CIbiru, terdapat pangkalan ojek di sebelah kiri. Ambilah jalur tersebut, dan teruskan perjalanan sampai menemukan gerbang masuk Wanawisata Batu Kuda. Jalur ini terbilang mudah ditemukan karena hanya ada satu jalur menuju kawasan tersebut. Sedangkan untuk memulai pendakian melalui jalur Barubereum, anda harus mengambil arah Jatinangor, melalui Universitas Padjadjaran. Dari Universitas Padjadjaran, anda harus meneruskan perjalanan menuju bumi perkemahan Kiara Payung menuju desa Barubereum. Dari sana, anda akan menemukan beberapa warung makan, dan untuk memulai pendakian gunung Manglayang ini, anda harus mengambil jalur kiri dari deretan warung makan tersebut. Jangan lupa melakukan persiapan sebelum pendakian dan tetap jaga keselamatan.

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top