Kuliner

PEUYEUM – KULINER TRADISIONAL ASLI BANDUNG

peuyeum bandung
photo by @ninirrahayu on instagram

Satu lagi makanan khas Kota Bandung yang sudah menjamur di berbagai daerah. Peyeum Bandung. Peyeum merupakan makanan Khas Bandung yang terbuat dari singkong.Konon, zaman dahulu para warga Bandung memanfaatkan tanaman singkong yang melimpah di tanah Sunda ini sebagai makanan untuk menghangatkan. Ya, karena Bandung terkenal dengan hawa nya yang dingin, para warga memanfaatkan singkong yang sudah mereka panen untuk difermentasikan. Selain menimbulkan efek hangat, singkong fermentasi atau peyeum ini juga mempunyai cita rasa yang khas. Ada dua macam peyeum atau tape yang terkenal di Bandung. Yaitu yang berbahan dasar singkong, dan yang berbahan dasar beras ketan. Namun yang sudah terkenal dan kerap menjadi oleh – oleh Kota bandung adalah peyeum yang berbahan dasar singkong.

Pembuatan peyeum sendiri ternyata cukup mudah. Singkong – singkong yang sudah dikupas dari kulitnya dipotong menjadi beberapa bagian. Bahkan terkadang tidak dipotong sama sekali. Kemudian singkong – singkong ini dicuci bersih dan direbus dalam air mendidih. Sekiranya singkong sudah matang, kemudian singkong ditiriskan sampai benar – benar dingin. Setelah dingin, singkong dimasukan kedalam wadah bersih dan dilapisi daun pisang yang sudah ditaburi ragi sebelumnya. Singkong – singkong ini diatur dan ditata sedemikian rupa dan dibaluri lagi oleh ragi. Kemudian singkong yang sudah ditaburi ragi dibiarkan selama dua sampai tiga hari dalam wadah tertutup. Pada saat proses fermentasi ini, wadah tersebut sebaiknya tidak dibuka untuk menghindari masuknya udara dan merubah cita rasa. Setelah didiamkan beberapa hari, barulah singkong fermentasi ini dapat kita sebut dengan peyeum.

Rasa manis dari peyeum, bercampur sedikit rasa asam, akan membuat sensasi segar bagi anda yang menyantap makanan khas Kota Bandung ini. Dan kini, tidak hanya dimakan langsung, tapi anda dapat menikmati peyeum dengan cara berbeda. Misalnya saja bolu peyeum, peyeum goreng, atau colenak. Hal ini tentu membuat andapecinta makanan tradisional ini tidak merasa bosan jika berhadapan dengan peyeum. Jika anda penasaran dengan rasa khas yang ditawarkan oleh peyeum ini, anda dapat menyambangi toko oleh – oleh khas Bandung yang sudah tersebar di banyak tempat. Penasaran dengan sensasi segar makan peyeum? Yuk ke Bandung. Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top