Kabupaten Bandung Barat

PUNCAK JAYAGIRI – SISI LAIN GUNUNG TANGKUBAN PERAHU

puncak jayagiri
photo by @ikri_mo on instagram

Kembali pada wisata alam murah meriah bernama hiking. Bukan hanya Gunung Burangrang, Gunung Batu dan Gunung Putri yang bisa dijadikan tempat untuk mendaki gunung atau hiking di wilayah Bandung Barat. Terdapat satu gunung lainnya yang biasa dijadikan destinasi hiking bagi para pendaki, yaitu Hutan Jayagiri. Wana wisata Jayagiri ini terletak tidak jauh dari Gunung Tangkuban Parahu, bahkan melalui Jayagiri, anda dapat masuk ke lokasi wisata alam gunung yang melegenda tersebut. Ketinggian yang tidak terlalu ekstrem membuat Jayagiri terkenal di kalangan pendaki pemula. Karena itulah, terkadang mereka menyebut perjalanan melalui hutan Jayagiri ini dengan sebutan tracking karena medan dari Jayagiri ini tidak terlalu curam dan relatif landai. Dengan menempuh waktu kurang lebih satu jam, anda sudah dapat menikmati lukisan alam dari atas puncak Jayagiri. Namun tentu saja, ketinggian yang tidak seberapa ini tidak dapat diremehkan begitu saja. Diperlukan fisik dan mental yang sudah terasah sebelumnya, serta kerendahan hati agar perjalanan anda lebih ringan dan berjalan dengan lancar.

puncak jayagiri

photo by @_restuang on instagram

Lokasi

Wana Wisata Jayagiri ini memiliki luas kurang lebih 7 Ha, sehingga memungkinkan untuk anda yang sudah berada di puncak Jayagiri untuk melakukan aktifitas alam seperti camping. Selain itu, di puncak Jayagiri pun terdapat beberapa lokasi untuk menggembalakan kuda dan jasa kuda tunggang. Sehingga bagi anda yang ingin merasakan sensasi lain naik gunung tanpa merasa lelah, bisa mencoba menggunakan jasa kuda tunggang yang sudah disediakan. Bukan hanya terkenal dikalangan para pendaki, Jayagiri pun sudah menjadi wisata alam yang populer di kalangan para pecinta olahraga ekstrem off road, baik roda dua maupun roda empat. Sayangnya, kegiatan off road yang dilakukan membuat kontur tanah menjadi berubah dan sering membingungkan para pendaki. Namun ada satu kelebihan dari Wana Wisata Jayagiri ini, yaitu tersedianya sumber air dan warung yang dekat dengan lokasi camping ground, para pendaki biasa menyebut warung tersebut dengan warumg emak. Jadi bukan tidak mungkin jika anda melakukan perjalanan dengan perbekalan minim, karena di warung emak, anda dapat mengisi kembali perbekalan anda.

puncak jayagiri

photo by @ariefblooddrop on instagram

Rute dan Akses

Rute yang ditempuh untuk dapat menikmati wisata alam di Jayagiri tergolong mudah. Dari kota Bandung, anda hanya perlu menuju pasar Lembang. Dari pasar Lembang teruskan lah berjalan kaki menuju Desa Jayagiri. Jika takut tersesat, bertanya saja pada warga sekitar, karena seperti sudah disebutkan, Jayagiri sudah terkenal di kalangan masyarakat. Ada satu keunikan lain sebelum anda memasuki area hutan Jayagiri. Anda dapat beristirahat sejenak di sebuah taman yang bernama taman Junghuhn. Yaitu sebuah taman yang dibangun untuk didedikasikan pada Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, seorang pelopor budidaya Kina di Indonesia.  Bagaimana, mulai tertarik melakukan perjalanan di Jayagiri? Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top