Kabupaten Bandung Barat

SENDANG GEULIS KAHURIPAN – KEINDAHAN ALAM YANG TERSEMBUNYI

sendang geulis
photo by @bomsnroll on instagram

Berfoto di bawah air, bukanlah hal yang aneh pada saat ini. Bahkan para pemburu foto seringkali menyengajakan diri mencari spot – spot foto bawah air untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan unik. Bandung Barat tidak mau kalah rupanya. Karena di daerah Bandung Barat, terdapat sebuah spot foto bawah air yang tidak kalah cantik, bernama Sendang Geulis Kahuripan, atau Sirah Cai Kahuripan. Nama Sendang Geulis Kahuripan ini berasal dari kata Sendang yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kolam di pegunungan yang airnya berasal dari mata air di dalamnya, biasanya dipakai untuk mandi dan mencuci, airnya jernih karena mengalir terus. Kata Geulis berasal dari bahasa Sunda yang artinya cantik, dan Kahuripan berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti kehidupan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Sendang Geulis Kahuripan memiliki arti kolam di pegunungan yang berasal dari mata air yang memiliki pemandangan cantik dan mampu memberi kehidupan untuk orang sekitar. Sendang Geulis Kahuripan yang berlokasi di Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat ini pun ternyata belum banyak dikunjungi karena letaknya yang agak terpencil.

Diyakini oleh warga sekitar, jika anda berenang di Sendang Geulis Kahuripan, anda dapat merasakan khasiat dari dinginnya air kolam ini. Yaitu rasa pegal – pegal akan hilang, kulit menjadi halus dan cantik, bahkan anda akan terlihat awet muda. Selain berenang anda dapat mencoba sensasi berfoto di dalam air. Karena selain airnya yang dingin, Sendang Geulis Kahuripan juga memiliki air yang sangat jernih. Ini karena air di Sendang Geulis Kahuripan selalu mengalir. Sehingga tidak ada bau ataupun kotoran yang bersarang di mata air ini. Selain itu, mata air berbentuk kolam ini dapat anda manfaatkan untuk sekedar memasang hammock dan bersantai di tepian kolam sambil menghirup udara segar. Pepohonan di sekeliling kola mini menambah sejuk dan asri pemandangan sekitar Sendang Geulis Kahuripan. Bagi anda yang sudah puas berenang di mata air ini, tidak perlu bingung mencari tempat untuk berganti baju, karena tempat yang dikelola oleh Perhutani Regional Jawa Barat dan Banten ini sudah dilengkapi dengan toilet dan kamar ganti, serta beberapa warung dan lesehan untuk melepas haus dan rasa lapar.

Meskipun berada di lokasi yang agak terpencil, nama Sendang Geulis Kahuripan sudah terkenal di masyarakat. Sehingga bagi anda yang hendak mencari keberadaan mata air ini, tidak perlu takut salah arah. Anda hanya perlu menuju jalan raya Cikalong sampai menemukan perbatasan. Setelah melewati perbatasan Cikalong Wetan, sekitar 3 Km, anda akan menemukan sebuah pertigaan dimana terdapat gapura berbentuk nanas. Kemudian tanyakanlah pada tukang ojek yang tidak jauh dari sana, anda akan diantar untuk dapat sampai menuju lokasi Sendang Geulis Kahuripan. Ingin tampil awet muda setelah berenang di mata air? Yuk ke Sendang Geulis Kahuripan ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top