Kabupaten Bandung Barat

SANGHYANG POEK – WISATA ALAM BANDUNG PURBA

sanghyang poek
photo by @anisaisti on instagram

Sebelum menyambangi wisata alam Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Heuelut, anda sebelumnya akan menemukan sebuah Goa lainnya yang diberi nama Sanghyang Poek. Lokasinya masih sama dengan dua Sanghyang yang lainnya, yaitu di kawasan PLTA Saguling. Sanghyang Poek merupakan sebuah Goa purbakala yang juga terbentuk secara alami. Sama seperti Sanghyang Tikoro, material dinding goa ini merupakan batu gamping yang telah melalui proses kartsifikasi atau pelarutan secara alami. Disebut Sanghyang Poek karena pada saat memasuki goa purbakala ini anda tidak akan dapat melihat apa – apa tanpa bantuan alat penerangan atau senter karena keadaan di dalam goa ini sangatlah gelap atau dalam bahasa sunda disebut poek. Sama seperti Sanghyang Tikoro, Sanghyang Poek ini juga dialiri oleh aliran sungai Citarum purba dibawahnya. Aliran sungai yang tidak terlalu deras ini hanya dapat anda pijaki saat musim kemarau. Karena pada musim penghujan, aliran sungai di Goa Sanghyang Poek ini akan menjadi cukup berbahaya jika dipaksakan untuk dilalui.

Ketika anda memasuki Goa Sanghyang Poek ini, anda akan merasakan udara yang lembab seperti halnya jika anda memasuki goa – goa pada umumnya. Namun mata anda akan sangat dimanjakan oleh kilauan – kilauan stalaktit yang menggantung di langit Goa dan stalakmit yang mengerucut di dasar Goa. Stalaktit dan stalakmit yang berkilau ini terbentuk secara alami dan jika terkena cahaya dari senter anda akan mengeluarkan kilau bak berlian. Tidak hanya itu, jika anda berkesempatan menyusuri Goa dan berhasil keluar di ujungnya, maka di mulut Goa anda akan menemukan aliran sungai lainnya dan batu – batu putih besar menjulang yang bisa anda jadikan sebagai spot foto yang menawan. Tentunya dengan tetap memperhatikan kebersihan dan jangan merusak keindahan alam yang ada.

 

photo by @istiyuslimah on instagram

Rute dan Akses

Belum banyaknya pengunjung yang mendatangi Sanghyang Poek ini, membuat keadaan di sekitar Goa Sanghyang Poek masih asri. Belum ada warung ataupun fasilitas lain seperti toilet. Jalur yang dilalui untuk dapat menjelajahi Sanghyang Poek tidak terlalu jauh dari gapura PLTA Saguling. Berjarak 5 Km saja dari gapura membuat Sanghyang Poek sangat mudah dilalui dengan berjalan kaki. Anda hanya perlu menemukan pipa raksasa PLTA Saguling, berjalan masuk ke arah hutan dan melawan arus sungai. Seperti halnya menuju Sanghyang Heuleut dan Sanghyang Tikoro, disarankan untuk memakai sandal gunung atau sepatu yang tidak licin jika anda berkunjung ke tempat ini. Ingin menikmati sensasi melihat berlian di dalam Goa? Yuk ke Sanghyang Poek. Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top