Kabupaten Bandung Barat

SANGHYANG TIKORO – MELENGKAPI KEINDAHAN WISATA BANDUNG PURBA

sanghyang tikoro
photo by @resaindriyani on instagram

Masih dari sisi lain PLTA Saguling. Sekitar 17 Km dari bendungan utama PLTA Saguling, anda akan menemukan sebuah tempat wisata yang bersejarah dan masih sangat perawan. Sanghyang Tikoro namanya. Jika diartikan, Sanghyang Tikoro adalah tenggorokan penguasa yang sangat disucikan keberadaannya. Berasal dari kata “sanghyang” yang artinya “sesuatu yang dianggap suci” dan “tikoro” yang memiliki arti “tenggorokan”. Sanghyang Tikoro sendiri adalah sebuah Goa bawah tanah yang dialiri oleh aliran sungai Citarum dibawahnya.

Keberadaan goa Sanghyang Tikoro ini tidak lepas dari legenda Sangkuriang. Konon, pada saat Sangkuriang tengah murka karena semua usahanya digagalkan oleh Dayang Sumbi yang tidak lain adalah ibunya sendiri, Ia menjebol bendungan yang berada di Sanghyang Tikoro dan sumbatnya ia lemparkan ke arah utara dan menjelma menjadi Gunung Manglayang. Namun secara ilmiah, Goa Sanghyang Tikoro ini diyakini terbentuk dari letusan Gunung Api Purba yaitu Gunung Sunda. Dahsyatnya letusan gunung Sunda ini menghancurkan seluruh permukaan badan gunung dan menyisakan lubang – lubang kecil. Hal ini menyebabkan sungai yang berada di Batujajar, Cililin dan Padalarang dipenuhi oleh lahar panas yang berubah menjadi lahar dingin. Lama kelamaan, lahar dingin tersebut menggunung dan membentuk sebuah telaga yang dikenal dengan Telaga Bandung. Menurut data panjang dari Telaga Bandung ini sekitar 6 Km. dengan lebar 15 Km. Tanah di kawasan Padalarang dan Cililin banyak mengandung kapur yang lama – kelamaan terkikis membentuk sebuah lubang yang pada akhirnya dikenal dengan Sanghyang Tikoro.

sanghyang tikoro

photo by @nensytea on instagram

Panjang Sanghyang Tikoro ini belum dapat dipastikan. Mengingat Goa bersejarah ini masih perawan dan sulit dilalui. Namun menurut beberapa ahli, panjang dari Goa Sanghyang Tikoro ini mencapai 162m. Jika anda menyambangi lokasi Sanghyang Tikoro ini, anda dapat menguji nyali untuk masuk ke dalam Goa Sanghyang Tikoro dan mengukur panjang dari Goa ini. Atau, jika anda adalah pecinta olahraga air, anda dapat mencoba sensasi arung jeram di aliran sungan Citarum purba yang lokasinya tidak jauh dari Goa Sanghyang Tikoro.

Rute dan Akses

Sama seperti destinasi wisata sebelumnya, Sanghyang Heuleut, untuk dapat mendatangi Goa Sanghyang Tikoro ini, anda harus masuk terlebih dahulu ke kawasan PLTA Saguling di Kecamatan Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat. Disarankan untuk membawa perbekalan sendiri karena belum ada warung yang menjajakan makanan ataupun minuman di daerah ini. Seberapa besar nyali anda memasuki Goa Sanghyang Tikoro ini? Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top