Kabupaten Bandung

SITU CILEUNCA – WISATA KEREN KABUPATEN BANDUNG

photo by @felgra_photography on instagram

Satu tempat di Bandung Selatan, yang indah dan asri, Situ Cileunca namanya. Situ ini merupakan sebuah waduk yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Tapi, karena keindahannya, waduk ini banyak didatangi pengunjung dari berbagai kalangan, dari yang muda sampai yang tua. Terletak di ketinggian 1.5500 Mdpl, Situ Cileunca berada di Pangalengan dan dikelilingi oleh pegunungan dan tebing, salah satu batasnya adalah Gunung Papandayan.

Dengan luas 180 Ha, anda tidak akan jemu memandang lukisan Tuhan yang satu ini. Anda juga bisa mengelilingi Situ ini dengan menggunakan perahu bebek, atau perahu motor yang disewakan di sekitar Situ Cileunca. Atau jika anda penikmat olahraga air yang juga menantang adrenalin, anda bisa melakukan kegiatan arung jeram atau rafting di aliran sungai palayangan yang merupakan sumber air untuk Situ Cileunca. Tentu saja, kegiatan ini harus anda lakukan diluar bulan Ramadhan ya. Kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan di Situ Cileunca adalah camping. Tapi, anda harus membawa peralatan sendiri karena tidak disediakan penyewaan alat camping.

situ cileunca

photo by @kukuhunter on instagram

Satu lagi yang menarik adalah sebuah jembatan permanen yang panjang membentang. Jembatan ini disebut dengan Jembatan Cinta. Asal muasal pembentukan jembatan ini adalah untuk mempermudah akses antara Desa Pulosari dan Desa Wanasari, yang terpisah karena adanya Situ Cileunca. Biasanya pada sore hari, jembatan ini dikunjungi oleh pasangan muda – mudi dari kedua desa, sehingga jembatan ini diberi nama Jembatan Cinta. Jika Jembatan sedang sepi dan tidak ada kendaraan yang lewat, anda bisa berfoto di jembatan ini, hasilnya dijamin tidak akan mengecewakan. Fasilitas lain yang ada di Situ Cileunca berupa warung – warung yang menjual makanan berat, sehingga anda tidak akan kelaparan saat berkunjung ke Situ ini.

situ cileunca

photo by @aris_dwi on instagram

Baca Juga :
Destinasi wisata sekitar Situ Cileunca dan Kab Bandung

1. Kawah Putih
2. Situ Cisanti
3. Situ Patengang
4. Bukit Jamur

Rute dan Akses

Akses untuk bisa bermain ke Situ Cileunca sangatlah mudah. Arahkan lah kendaraan anda ke arah Pangalengan. Kemudian, carilah sebuah olang dengan tulisan DAM Pulo, kemudian arahkan ke DAM Pulo, dan anda akan menemukan gerbang masuk Situ Cileunca. Lokasi Situ Cileunca sendiri berada di Desa Wanasari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Jadi, masih mau diam di rumah saja? Ayo ke Situ Cileunca. Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top