Kabupaten Bandung

SITU CISANTI – TITIK 0 KILOMETER CITARUM

situ cisanti
Photo by @si_ramdani7 on instagram

Sungai yang kotor belum tentu berasal dari tempat yang kotor. Hal ini dapat anda buktikan sendiri. Bagi warga Bandung, siapa yang tidak mengenal Sungai Citarum. Sungai yang terkenal karena airnya yang keruh dan banyak sampah, serta kerap menjadi sumber banjir bagi warga Bandung Selatan. Namun siapa sangka, Hulu sungai Citarum merupakan sebuah danau asri yang bersih dan dapat memanjakan mata. Situ Cisanti adalah hulu dari sungai Citarum. Letaknya berada di kaki Gunung Wayang, Pangalengan. Tepatnya di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertajaya, Kabupaten Bandung. Danau dengan luas sekitar 10Ha tersebut dikelilingi oleh beberapa gunung. Antara lain Gunung Wayang, Gunung Rakutak, Gunung Malabar, Bukit Bedil dan Gunung Kendang yang juga sebagai batas administratif antara Pangalengan dan Garut. Karena dibalik Gunung Kendang tersebut, anda akan menemukan Gunung Papandayan dan Gunung Jampang yang sudah masuk ke wilayah Kabupaten Garut.

Situ Cisanti kini banyak dikenal dengan titik 0 Kilometer Citarum. Hal ini ditunjukan dari berdirinya sebuah tugu bertulisakn 0 Kilometer Citarum. Karena seperti disebutkan sebelumnya bahwa Situ Cisanti merupakan Hulu Sungai Citarum. Di kawasan Situ Cisanti ini, anda dapat memuaskan hasrat untuk berswafoto di lokasi – lokasi yang memang jika boleh disebut cukup instagrammable. Anda dapat menyusuri jalan setapak yang telah disediakan untuk dapat berkeliling di Situ Cisanti ini. Di tepian danau ini terdapat sebuah dermaga kecil yang bisa anda manfaatkan untuk mengambil beberapa foto. Karena luas kawasan Situ Cisanti adalah 10Ha, maka kawasan ini dapat anda manfaatkan untuk camping. Tentunya dengan izin dari pihak pengelola dan persiapkan barang yang diperlukan sebelumnya karena di kawasan ini tidak menyediakan jasa sewa peralatan.

situ cisanti

Photo by @si_ramdani7 on instagram

Untuk dapat mencapai Situ Cisanti, anda memiliki dua jalur yang dapat digunakan. Yaitu melalui alun – alun Ciparay dan melalui Pangalengan. Jika anda mengambil jalur melalui Pangalengan, anda hanya perlu mengambil jalur kiri dari bundaran pertigaan Pangalengan. Ikuti terus jalan ini dan anda akan sampai di gerbang masuk Situ Cisanti. Untuk anda yang menggunakan angkutan umum, berangkatlah menggunakan bus Bandung – Pangalengan dari terminal Leuwi Panjang, dan disambung dengan angkutan umum menuju Kertasari. Turunlah tepat di pintu masuk Situ Cisanti.

Sedangkan untuk anda yang memilih jalur lewat alun – alun Ciparay, dari terminal Ciparay, ambilah jalur menuju Kecamatan Pacet. Atau anda bisa langsung menanyakan arah ke Kecamatan Kertasari.selanjutnya dari Kertasari, anda dapat melanjutkan perjalanan anda dengan menggunakan Ojeg. Jalur yang banyak digunakan oleh pengunjung adalah jalur melalui Ciparay karena kondisi jalan yang relatif lebih bagus dibandingkan dengan rute Pangalengan, karena are Pangalengan masih melewati perkebunan teh, sehingga kondisi jalan relatif berbatu.

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top