Kabupaten Bandung Barat

STONE GARDEN – MENIKMATI KEINDAHAN BUKTI SEJARAH BANDUNG PURBA

stone garden padalarang
Photo By @mjordan on instagram

Stone Garden garden merupakan sebuah hamparan tanah yang luas yang di isi oleh formasi bebatuan yang sangat indah yang terletak di Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kab.Bandung Barat, Jawa Barat. Kawasan ini berada di areal sekitar + 2 hektar dan berada di ketinggian 908 Mdpl. Jenis batuan yang ada di Stone Garden ini berbeda dengan batu pada umumnya. Tekstur batunya mirip batu korang yang biasanya ada di laut. Karena Konon menurut para ahli Stone garden ini terbentuk dari sisa puing-puing dasar danau purba Bandung. Karena sebagaimana yang kita ketahui pada masa lampau Bandung merupakan danau yang di kenal dengan Danau Bandung. Keadaan yang sekarang terlihat merupakan pendataran yang biasa disebut dengan istilah “Cekungan Bandung” (bandung Basin). Daerah sekitar cekungan tersebut, di pekirakan dahulu merupakan tepian danau sehingga banyak di peroleh sisa-siasa aktivitas manusia masa lampau.  Dan  terjadinya danau purba ini akibat dari letusan Gunung Sunda yang terjadi berjuta juta tahun lalu, dan jika di kaitan dengan legenda akan sangat erat kaitannya dengan lengenda sangkuriang.

Pada saat anda berada di kawasan wisata ini anda bisa menikmati sensasi keindahan panorama batu kapur yang sangat eksotis, mulai dari berfoto selfie, berwefie hingga khusus sebagai lokasi fotography serta berwisa sejarah dan budaya. Di kawasan ini pngunjung bisa menikmati sajian eksotisme batuan-batuan gamping yang berdiri secara alami tak beraturan, rumput serta tumbuhan liar akan tampak alami masih terlihat menutupi areal kawasan Stone Garden ini. Pemandangan dari lokasi ini sangat bagus sekali, dimana anda juga akan melihat hamparan pemandangan bukit-bukit kapur yang berwarna putih dan kecoklatan yang terlihat kontras dengan hamparan hijaunya pepohonan. Jika cuaca sedang cerah, maka dipastikan menikmati sinar matahari pagi atau sore dari tempat ini akan sangat begitu eksotis, dimana warna langit biru dengan awan putihnya berada di atas hamparan hijau pohon dan batu kapur yang bagus untuk didokumentasikan dengan kamera anda.

Akses menuju Stone Garden sangat mudah Karena sudah terdapat banyak petunjuk arah untuk menuju tempat wisata ini.

Dari arah Jakarta

Dari Jakarta jika menggunakan tol Cipularang, keluar tol di gerbang tol Padalarang. Dari sana arahkan kendaraan ke arah cianjur. Selepas memasuki wilayah Desa Ciburuy (masih di kawasan Kec. Padalarang), bisa Tanya-tanya kepada warga sekitar letak posisi untuk masuk ke Wisata Alam Goa Pawon ( Meski stone garden sudah mulai dikenal, namun Goa Pawon lebih dahulu dikenal sebagai Wisata Alam di Kec. Bandung Barat). Jika tidak menggunakan tol cipularang, dari Jakarta bisa naik Bus Antar Propinsi yang melalui rute puncak/cianjur. Disini memang agak sulit tapi bisa ditanyakan ke kenek atau sopir untuk berhenti di Gerbang Goa Pawon. Tepatnya di daerah Desa Gunung Masigit.

Dari Bandung

Jika menggunakan tol cipularang, rutenya akan sama seperti rute dari point nomor 1. Jika menggunakan kendaraan pribadi/umum yang tidak menggunakan tol cipularang, travelers dapat menggunakan kendaraan pribadi/umum dari padalarang, arahkan ke cianjur. Setelah masuk ke daerah Desa Padalarang, bisa Tanya-tanya ke warga sekita. Untuk yang menggunakan angkutan umum, rekomendasi mudah yaitu dengan menggunakan DAMRI dari Alun-alun Bandung ke Alun-Alun Ciburuy. Turun di alun-alun ciburuy, kemudian nyebrang dari tempat turun dan naik angkutan umum berwarna kuning ke arah Raja Mandala, Tanya aja ke sopirnya mau ke Goa Pawon. Dari tempat gerbang bisa menggunakan jasa ojek, kalau jalan kaki lumayan jauh tempatnya.

Untuk dapat memasuki kawasan wisata Stone Garden citatah bandung tentunya pengunjung harus membayar tiket masuknya terlebih dahulu, adapun harga tiket masuk stone garden padalarang dapat dilihat dibawah ini.

Harga Tiket Stone Garden Padalarang

Jalur Pintu Masuk Harga Tiket (Rp.)
Langsung dari pintu masuk utama Rp 3.000/orang
Pintu masuk melewati Goa Pawon Rp 6.000/orang

Untuk memasuki kawasan stone garden pengunjung bisa memilih salah satu dari 2 jalur pintu masuk yang bisa dilewati, yang pertama langsung lewat pintu masuk menuju stone garden dan yang kedua lewat pintu masuk goa pawon, harga tiket dari kedua pintu masuk tersebut tentu berbeda jadi pilihlah sesuai keinginan. Jam operasional atau jam buka Stone Garden Citatdibuka setiap hari dari hari Senin s/d Minggu mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Dari tempat parkiran Goa Pawon akan terlihat jalan berpaving dan jalan setapak ke arah atas goa pawon. Jalan berpaving merupakan jalan untuk menuju Goa Pawon yang penuh dikelilingi monyet. Nah, jika ingin sampai ke lokasi Stone Garden pengunjung akan menyusuri jalan setapak. jika melihat foto di samping, saya difoto berada dikaki bukit Stone Garden. Sangat disarankan memakai sepatu  atau sandal yang biasa di gunakan untuk kegiatan outdoor karena akan menjumpai jalanan licin, curam dan terjal. Tingkat kemiringan jalan sekitar 45o. Jarak yang ditempuh sekitar 1km dari parkiran. Saya agak kerepotan saat menjalani rute ini. Setelah kira kira 500 m, pengunjung akan menemukan gubuk-gubuk kecil tempat peristirahatan dan orang setempat yang berjualan dan tempat parker atas. Dari tempat berjualan tersebut, ambillah jalan ke kiri untuk ke lokasi Stone Garden, Jika memilih ke kanan merupakan arah pulang.

Adapun fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain Parkiran jadi anda yang membawa kendaraan sendiri bisa dengan tenang berwisata Karena di jaga oleh tukang parkirnya, tapi saran saya agar tetap menggunakan kunci ganda, selain parkiran disini juga tersedia warung jadi untuk anda yang lupa atau tidak membawa perbekalan anda bisa membelinya di warung yang adda di sekitar area Stone Garden ini, saran saya agar tetap menjaga kebersihan, agar anda nyaman berwisata dan anaak cucu kita juga masih bisa menikmati keindahannya juga. Selain tempat parkir dan warung di sini juga tersedia pula ToileT, Mushola dan Pondok/Gazebo.

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top