Kabupaten Bandung Barat

SUNGAI CIKAHURIPAN – GREEN CANYON BANDUNG BARAT

sungai cikahuripan
photo by @ucup.uliners on instagram

Jika pada artikel terdahulu kami membahas sebuah tempat wisata yang menyimpan sejarah seperti Sanghyang Heuleut, kali ini ada satu tempat wisata yang tidak kalah bersejarah dan masih perawan, serta keindahannya tidak kalah dengan Green Canyon. Tersebutlah sebuah sungai yang masih merupakan anakan sungai Citarum purba yang terletak di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, yang disebut sungai Cikahuripan. Nama tersebut berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti air yang membawa kehidupan. Konon, warga sekitar sungai Cikahuripan ini mempercayai bahwa air di Sungai Cikahuripan memiliki berbagai manfaat, terutama dalam hal pengobatan.

Keindahan yang disuguhkan di Sungai Cikahuripan ini, bukan berasal dari air sungai nya. Meskipun memang air di Sungai Cikahuripan masih sangat bersih, dan tidak memiliki bau ataupun rasa. Adapun yang menjadi daya tarik dari Sungai Cikahuripan adalah bebatuan yang tersebar di sekitar sungai, serta dua buah tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungai, mirip seperti di Green Canyon. Aliran sungai dari Cikahuripan ini tidaklah deras. Sungai purba ini pun terbilang dangkal karena hanya memiliki kedalaman kurang lebih empat meter. Hal ini yang pada akhirnya membuat Sungai Cikahuripan dimanfaatkan sebagai destinasi wisata mengenal sungai purba. Karena, hanya berbekal pelampung saja, anda dapat menjelajahi aliran sungai ditengah tebing – tebing dan bebatuan.

sungai cikahuripan

photo by @derizonedy_ on instagram

Tidak perlu sibuk mencari pelampung dirumah, karena di sekitar Sungai Cikahuripan pun sudah ada warga yang menyewakan pelampung agar anda dapat menikmati keindahan Sungai yang masih perawan ini. Namun sayangnya, karena sungai Cikahuripan ini belum dikelola secara resmi, belum ada fasilitas pendukung apapun seperti toilet, kamar ganti dan mushala di tempat ini.

Rute dan Akses

Akses menuju sungai cikahuripan ini sama seperti jika anda akan menuju Waduk Saguling di Rajamandala, jalan yang ditempuh untuk mencapai Sungai Cikahuripan masih berbatu, sehingga anda harus berhati – hati saat berjalan. Tertarik menikmati Green Canyon milik Bandung Barat? Ayo ke sungai Cikahuripan ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top