Kota Bandung

TAMAN HUTAN RAYA Ir. H. DJUANDA – MAHKOTA ALAM KOTA BANDUNG

taman hutan rakyat djuanda bandung

Ingin menikmati suasana hutan di tengah kota? Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda punya solusinya. Kawasan Taman Hutan Raya Ir. H.  Djuanda atau lebih sering disebut dengan Tahura Djuanda ini terletak di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung. Area dengan luas 590 Ha ini dulunya merupakan taman terbesar berbentuk hutan lindung yang didirikan pada masa Hindia Belanda. Taman ini dulu dikenal dengan Hutan Lindung Gunung Pulosari. Taman Hutan Raya Ir. Djuanda ini juga merupakan taman hutan raya pertama di Indonesia. Bermula dengan dirintisnya pembangunan kawasan hutan raya ini pada tahun 1960. Kemudian pada tahun 1963 berganti nama menjadi Kebun Raya Rekreasi Ir. H. Djuanda untuk mengenang jasa – jasa Ir. H. Djuanda pada waktu itu. Setelah dilakukan pembangunan dan beberapa revisi penetapan Peraturan Perundangan Pengelolaan, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini sendiri baru diresmikan sebagai Taman Hutan Raya pada tanggal 14 Januari 1985, bertepatan dengan hari lahir Ir. H. Djuanda.

Di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini, anda tidak akan kehabisan pemandangan untuk dinikmati, karena kawasan ini memiliki berbagai macam jenis tumbuhan dengan berbagai ukuran. Selain itu, kawasan ini juga membentang dari kawasan Dago Pakar sampai dengan Maribaya. Area ini biasanya cukup ramai terutama pada akhir pekan. Anda dapat menggunakan area ini sebagai sarana olahraga dengan berjalan santai dari Dago Pakar menuju Maribaya atau sebaliknya. Perjalanan yang ditempuh dengan berjalan kaki berkisar antara 2 – 3 jam (tergantung kondisi). Selain itu, anda dapat memanfaatkan area ini untuk sekedar berekreasi atau bahkan sebagai sarana edukasi. Betapa tidak, di kawasan taman hutan raya ini, anda dapat mengenal berbagai jenis pepohonan karena sudah diberi papan nama oleh pihak pengelola, dan anda pula dapat mengunjungi situs bersejarah di kawasan ini yaitu Goa Belanda dan Goa Jepang. Atau, jika anda ingin menikmati keindahan alam lainnya, dari kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini pula anda dapat mengunjungi lokasi wisata lainnya yaitu Tebing Keraton, dan menikmati sejuknya udara sekitar Curug Omas. Fasilitas yang disediakan pengelola pun sudah cukup lengkap, seperti toilet dan beberapa tempat makan dan istirahat.

tahura djuanda

photo by @hcs.focus on instagram

Untuk anda yang ingin mengunjungi kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda terdapat dua akses untuk memasuki kawasan tersebut. Yaitu melalui gerbang Dago Pakar dan melalui gerbang Maribaya. Jika anda memilih untuk masuk melalui gerbang Dago Pakar, maka dari Kota Bandung anda cukup menuju kawasan Dago, melewati Terminal Dago. Dari terminal Dago anda hanya perlu menyusuri alan yang agak menanjak dan mengikuti petunjuk jalan menuju Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, karena petunjuk jalan yang disediakan pun sudah cukup jelas. Sedangkan apabila anda berada di daerah Lembang, anda tidak perlu memutar kea rah Dago, anda cukup mengikuti rute untuk menuju Maribaya yang tidak jauh dari pusat kota Lembang. Ikuti jalan menuju Maribaya dan anda akan menemukan gerbang Wisata Curug Omas yang juga merupakan gerbang untuk masuk ke dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top