Kota Bandung

TAMAN SEJARAH KOTA BANDUNG – BERMAIN SAMBIL BELAJAR

taman sejarah
photo by @dudisugandi on instagram

Tidak hanya letak depan dari Gedung Balaikota yang kini diubah menjadi taman. Bagian belakang dari Gedung Balaikota pun kini menjelma menjadi sebuah taman edukasi yang diberi nama Taman Sejarah. Dulunya, lahan sebesar 2.600 meter persegi ini merupakan lahan parkir gedung DPRD Kota Bandung. Namun fungsinya yang lumpuh membuat lahan parkir ini seakan terbengkalai dan tak terurus. Maka disulaplah lahan parkir tersebut menjadi sebuah taman yang memiliki konsep edukasi. Bagaimana tidak, Taman Sejarah ini menyajikan serangkaian informasi mengenai Sejarah Kota Bandung dari mulai zaman Belanda sampai sekarang. Hal ini dilakukan oleh Walikota Bandung dengan tujuan, agar warga Kota Bandung dapat lebih mengenal dan menghargai sejarah Kota Bandung, dimana Bupati Bandung pada zaman dahulu pun turut serta dalam pembangunan Kota Bandung.

Taman Sejarah ini sendiri memiliki rancangan yang unik dan berbeda. Jika anda biasanya membaca sejarah di atas kertas, kali ini anda dapat mengenal walikota – walikota Bandung melalui sebuah kaca yang sudah dilengkapi dengan gambar tokoh dan prestasi apa saja yang pernah dicapainya. Anda dapat melihat 16 tokoh Walikota Bandung, dari mulai kepemimpinan Walikota Bertus Coops hingga walikota yang mendirikan taman tersebut, Ridwan Kamil. Selain itu, anda dapat menjelajahi sejarah Kota Bandung di Era Wiranatakusumah melalui sebuah relief. Relief tersebut terbentang memanjang dan menceritakan perjalanan Kota Bandung dari masa prasejarah, ikon Kota Bandung berupa Gunung Tangkuban Parahu, Kota Bandung pada masa setelah kemerdekaan dan Kota Bandung pada masa kini. Dan, tidak hanya remaja dan orang dewasa yang dapat menikmati sajian informasi di Taman Sejarah ini, namun bagi anda yang mempunyai putra – putri pun dapat mengajak mereka ke Taman Sejarah. Bukan hanya untuk mengenal sejarah Kota Bandung, namun juga untuk menikmati sensasi bermain air. Bagaimana tidak, di sudut lain dari berbagai informasi Sejarah Kota Bandung, di taman ini disediakan kolam dangkal yang dapat dipakai bermain air oleh putra – putri anda.


photo by @dudisugandi on instagram
taman sejarah
photo by @herlambang1302 on instagram

Meskipun Taman Sejarah ini belum diresmikan, namun anda sudah dapat mengunjunginya karena tepat pada hari Minggu 22 Januari yang lalu, Taman Sejarah sudah dibuka untuk umum. Taman Sejarah ini pun bisa anda gunakan untuk berteduh dari teriknya matahari karena pepohonan yang rindang masih banyak terdapat di taman ini. Beberapa kursi kayu pun sudah disediakan untuk anda bersantai dan menikmati Sejarah Kota Bandung, lengkap dengan ditemani bekal makan siang yang anda bawa.

taman sejarah
photo by @arya_marantika on instagram
taman sejarah
photo by @husensaurus on instagram
taman sejarahphoto by @empatkembara on instagram

Untuk belajar, tidak harus melulu di dalam kelas. So, Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top