Kota Bandung

TERAS CIHAMPELAS – IKON BARU KOTA BANDUNG

teras cihampelas
photo by @mathovani_music on instagram

Siapa yang tidak mengenal jalan Cihampelas. Sebuah pusat perbelanjaan di Kota Bandung yang terkenal dengan berbagai jenis celana maupun jaket berbahan jeans yang terhitung murah. Biasanya, para wisatawan dari dalam maupun luar kota memilih berbelanja disini dengan berjalan kaki di sepanjang jalan Cihampelas. Tentu saja hal ini membuat kendaraan yang melaju sedikit tersendat karena lalu – lalang orang banyak. Namun kini, ada yang berbeda dengan jalan Cihampelas. Pedagang kaki lima (PKL) tidak terlihat lagi di sisi kanan dan kiri jalan. Lalu kemana mereka pergi? Mereka tidak pergi, dan anda tidak perlu sulit menemukan mereka karena kini mereka berpindah ke bagian atas jalan Cihampelas. Bagaimana bisa? Para PKL yang biasanya berjajar di kanan dan kiri jalan Cihampelas, kini mempunyai tempat berdagang baru yang diberi nama Teras Cihampelas atau lebih dikenal dengan Skywalk Cihampelas. Skywalk Cihampelas merupakan sebuah jembatan pedestrian yang dibangun oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Pembangunan Skywalk Cihampelas ini terbentang sepanjang 450 meter yang dimulai dari Jalan Tamansari, tepatnya sekitar RS Advent, hingga salah satu hotel di Bandung bernama Promenade. Lebar dari Skywalk Cihampelas ini mencapai 9 meter dengan ketinggian sekitar 4,6 meter dari permukaan jalan. Dari ketinggian ini, pengunjung bukan hanya dapat menikmati suasana berjalan kaki sambil berbelanja, tapi mereka juga akan merasakan suasana belanja yang bebas dari kendaraan bermotor.

teras cihampelas

photo by @jamil_sunda on instagram

Bukan hanya jajaran PKL saja yang ada di teras Cihampelas, tapi sesuai dengan konsep awalnya yaitu Green Consept Area, di teras Cihampelas pun terdapat beberapa taman – taman kecil untuk menambah keasrian jembatan ini. Antara PKL dan taman pun sudah ditata sedemikian rupa hingga tidak bercampur satu sama lain, karena di Skywalk Cihampelas ini terbagi menjadi tiga zona. Yaitu Zona kuliner, zona souvenir dan taman. Selain itu, pengunjung yang hendak buang air kecil atau melaksanakan ibadah shalat pun tidak perlu repot turun naik tangga, karena di teras Cihampelas pun sudah terdapat fasilitas toilet umum dan mushala. Bahkan pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan keamanan di teras Cihampelas, karena terdapat pula pos satpam disana. Dan jika anda memiliki hobi berswafoto atau berselfie, di teras Cihampelas terdapat sebuah booth berupa rangka seperti foto anda di instagram lengkap dengan caption yang unik dan menarik tentang teras Cihampelas.

teras cihampelas

photo by @nurhadians on instagram

teras cihampelas

photo by @elvira_shitotryukai on instagram

Rute dan Akses

Jika anda bingung menemukan dimana keberadaan Teras Cihampelas, anda hanya perlu menuju ke kawasan Cihampelas saja, tepatnya di Jalan Cihampelas No. 121 – 131, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung. Anda dapat menuju ke Teras Cihampelas dengan menggunakan kendaraan pribadi dan diparkirkan di tempat parkir yang sudah disediakan. Atau, dengan menggunakan angkutan umum dengan rute Cisitu – Tegalega, Kalapa – Ledeng, Cicaheum – Ciroyom, St. Hall – Lembang. Atau, jika anda tidak ingin pusing mencari angkutan umum tersebut, anda dapat memesan taxi untuk dapat berbelanja disini. Sekedar mengingatkan, meskipun teras Cihampelas ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya, namun tempat berbelanja yang unik ini memiliki jam operasional. Yaitu dari pukul 08.00 – 22.00. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi penyalahgunaan teras Cihampelas oleh oknum – oknum yang tidak bertanggungjawab. Tertarik untuk berbelanja di atas ketinggian? Ayo ke teras Cihampelas ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top