Kabupaten Bandung Barat

WISATA ALAM BUKIT TUNGGUL PERKEBUNAN KINA, CURUG DAN SITU SANGKURIANG

Bukit Tunggul/bukit unggul
photo by @nchairunisyah on instagram

Apa yang muncul di pikiran anda jika mendengar kata gunung? Mungkin yang terbesit adalah sebuah area dengan ketinggian sekian meter dan ditumbuhi pepohonan. Bahkan mungkin sebagian orang akan menganggap pendakian ke gunung adalah hal yang melelahkan. Namun ada satu gunung yang menyuguhkan keindahan alam, situ dan curug sekaligus. Yang pastinya tidak akan membuat anda bosan atau lelah saat berada di.kawasan gunung ini. Gunung tersebut bernama Gunung Bukit Tunggul atau sering juga disebut Bukit Unggul. Bukit Tunggul/Bukit Unggul adalah sebuah gunung dengan ketinggian 2.209 Mdpl, yang terletak di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Bukit Tunggul/Bukit Unggul berada di sekitar perkebunan Kina, sehingga pohon yang tumbuh di Bukit Unggul kebanyakan adalah pohon kina. Adapun sejarah mengenai Bukit Tunggul/Bukit Unggul, masih berkaitan erat dengan legenda Sangkuriang. Konon, Bukit Tunggul/Bukit Unggul adalah sisa pohon yang digunakan Sangkuriang untuk membuat perahu.

Bukit Tunggul/bukit unggul

photo by @irine_rainbow on instagram

Bukit Tunggul/bukit unggul

photo by @cucun.cunay12 on instagram

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bukit Tunggul/Bukit Unggul menyajikan pemandangan alam yang menyatukan wisata situ dan curug dalam satu tempat. Karena, di area Bukit Tunggul/Bukit Unggul terdapat sebuah air terjun kecil yang diberi nama Curug Sangkur. Dan jika anda menjelajah lebih jauh lagi, anda akan menemukan sebuah danau atau situ yang diberi nama Situ Sangkuriang. Situ Sangkuriang ini sebenarnya merupakan danau buatan. Namun beberapa warga berkeyakinan bahwa Situ Sangkuriang merupakan danau yang dipakai untuk mencuci tangan oleh Sangkuriang.

Bukit Tunggul/bukit unggul

photo by @bunga_shafarafa on instagram

Selain keindahan Situ dan Curug, anda dapat menikmati keindahan alam lainnya berupa sebuah taman yang ditumbuhi beberapa jenis bunga. Diantara taman tersebut terdapat jalan setapak, sehingga anda yang ingin menikmati keindahan taman tidak sampai menginjak rumput sekitarnya. Berbagai fasilitas lainnya pun telah disediakan oleh pihak pengelola yang tak lain adalah PTPN VII.

Adapun fasilitas umum yang sudah disediakan berupa toilet, mushala, tempat peristirahatan berupa saung atau gazebo. Anda pun dapat menginap di area Bukit Tunggul/Bukit Unggul ini karena sudah disediakan sebuah penginapan dan area camping ground. Fasilitas lain seperti wahana permainan dan outbond pun telah disiapkan untuk para pengunjung.

Baca Juga :
Destinasi wisata sekitar Bukit Tunggul

1. The Lodge
2. Maribaya Resort
3. Curug Omas

Rute dan Akses

Rute yang harus anda ambil.jika hendak.menuju Bukit Tunggul/Bukit Unggul adalah arah Cibodas. Setelah sebelumnya melewati The Lodge Maribaya, teruslah arahkan kendaraan anda hingga bertemu kompleks PTPN dengan nama Wisata Kebun Kina Bukit Tunggul. Atau jika anda berada di daerah Bandung, anda bisa menuju Bukit Tunggul melalui Ujung Berung. Ambilah jalan ke kiri tepat di sebelah masjid agung Ujing Berung. Lalu belok kanan dan ikuti jalan sampai bertemu kompleks PTPN. Bagiamana, tertarik menikmati keindahan situ dan curug di satu tempat? Ayo ke Bukit Tunggul ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top