curug layung

WISATA ALAM CURUG LAYUNG – SISI LAIN GUNUNG BURANGRANG

photo by @petrusronyps on instagram

Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun. Di wilayah Bandung dan sekitarnya, banyak sekali terdapat air terjun karena memang Bandung berada di wilayah cekungan. Banyaknya mata air yang mengalir ke cekungan Bandung membuat curug yang ada di wilayah Bandung deras dan tak pernah surut hingga keeksotikannya berlangsung sepanjang musim.

Hampir sebagian besar curug yang ada di Bandung dijadikan sebagai tempat wisata. Beberapa curug di Bandung telah dikenal luas seperti halnya Curug Maribaya di Dago Pakar atau Curug Cimahi di Cisarua yang berwarna warni saat malam hari. Salah satu curug yang belum banyak dikunjungi wisatawan adalah Curug Layung di Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Curug layung merupakan salah satu dari sekian banyak Curug di aliran Sungai Cimahi. Terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, curug ini sempat tertutup untuk umum ketika dulu wilayahnya termasuk ke dalam area latihan Kopassus di kaki Gunung Burangrang. Namun sejak tahun 2012 tempat ini mulai dibuka lagi sebagai objek wisata.

curug layung

photo by @fajarrobyana on instagram

Curug Layung ini tidak terlalu tinggi alirannya, namun memiliki kolam alami yang cukup luas. Biasanya curug ini dijadikan areal berenang bagi para pengunjung yang tahan dengan dinginnya air sungai Cimahi yang mengalir dari hulunya di daerah Situ Lembang. Curug ini ada di urutan paling hulu di aliran Sungai Cimahi, ke arah hilir makin ke bawah masih ada curug lain, yakni Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi, Curug Panganten, dan Curug Lalay.

Menuju Curug Layung ini terdapat dua jalan utama yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Komando dan lewat jalur daerah wisata CIC. Jika dari arah Bandung/Lembang, Anda bisa memasuki jalan Kolonel Masturi hingga melewati objek wisata Curug Cimahi lalu masuk ke jalan Komando. Jika dari arah Cimahi, Anda bisa melewati Jalan Kolonel Masturi lalu masuk ke jalan Komando sebelum objek Wisata Curug Cimahi. Ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang wisata Curug Layung. Di sini anda bisa memarkirkan kendaraan dan membeli tiket masuk seharga Rp 10.000. Dari sini, Anda bisa hiking menyusuri jalur hutan pinus di kaki Gunung Burangrang menuju Curug Layung. Alternatif lain bisa lewat objek Wisata CIC (Ciwangun Indah Camp). Objek wisata CIC ini masih berada di dekat pintu gerbang objek wisata Curug Cimahi. Masuk dan ikuti jalur menuju CIC dan membeli tiket seharga Rp 7.000. Dari areal wisata CIC ini, Anda bisa menuju Curug Layung melewati jalur sungai atau jalur kebun teh.

Bagi penyuka hiking, jalur CIC ini lebih menarik karena bisa hiking menyusuri jalur Sungai Cimahi melewati jembatan bambu yang melintang di atas aliran sungai sekaligus bisa menikmati Curug Tilu yang mengalir setelah Curug Layung. Anda juga bisa menikmati hijaunya Perkebunan Teh Sukawana sebelum sampai di Curug Layung. Dari objek wisata CIC menuju Curug Layung bisa ditempuh dengan waktu 30 menit hingga 1 jam perjalanan jalan kaki menyusuri Sungai Cimahi. Perjalanan ini akan terbayar dengan indahnya pemandangan sepanjang perjalanan dan juga segarnya air di Curug Layung yang masih bersih dan alami.

4 thoughts on “WISATA ALAM CURUG LAYUNG – SISI LAIN GUNUNG BURANGRANG

Comments are closed.