Kabupaten Bandung Barat

WISATA ALAM CURUG TILU LEUWI OPAT

curug tilu leuwi opat
photo by @ali_habibi78 on instagram

Curug tilu leuwi opat merupakan sebuah kawasan wisata alam yang menyajikan udara sejuk dan pemandangan yang masih asri yang terletak di kawasan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Curug adalah air terjun dalam bahasa sunda. Dinamakan curug tilu karena air terjun ini memiliki tiga tingkatan air terjun, dan memiliki empat leuwi (sungai). Sebenarnya, di kawasan ini bukan hanya ada curug tilu, tapi ada juga beberapa curug lainnya seperti curug aseupan, curug citulang, dan curug cilaki. Dan tentu saja terdapat leuwi yang jumlahnya empat yaitu leuwi baeud, leuwi bagong, leuwi kacapi dan leuwi gentong. Masing – masing dari curug dan leuwi ini memiliki ketinggian dan kedalaman air yang berbeda –beda, sehingga para pengunjung tidak bisa sembarangan berenang di kawasan curug ini. selain itu, terdapat pula dua buah Goa yang ada di kawasan ini yaitu Goa Toke dan Goa Lalay. Curug tilu leuwi opat ini ditemukan pada tahun 1996 dan mulai dikomersilkan sebagai  kawasan wisata alam pada tahun 2006.

Tidak hanya menikmati keindahan alam dan berfoto ria di kawasan curug, pengunjung kawasan Curug Tilu Leuwi Opat ini juga bisa menikmati beberapa kegiatan lainnya seperti  rappelling, body rafting, flying fox, bermain rakit, shaking bridge, dan wahana outbond lainnya. Pengunjung yang ingin berkemah pun disediakan lahan luas untuk mendirikan tenda tanpa khawatir jika sewaktu – waktu ingin ke toilet, karena beberapa kamar mandi telah disediakan di kawasan ini.

Untuk dapat mendatangi kawasan wisata ini, terdapat dua jalur. Jika anda datang dari arah Cimahi, maka anda harus mengambil jalur Kolonel Masturi. Sedangkan untuk anda yang datang dari arah Bandung, maka alternatiff jalan yang diambil adalah Ledeng – Sersan Bajuri. Dari Sersan Bajuri, anda harus meneruskan perjalanan ke arah Parongpong. Kedua jalur ini bertumpu di satu titik yaitu CIC (Ciwangun Indah Camp) sebagai pintu masuknya. Akses menuju kawasan ini pun sudah cukup bagus.

Dan jika anda ingin berwisata alam ke daerah ini, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000,- untuk tiket masuk dan Rp. 2.000,- untuk parkir kendaraan anda. Namun untuk mengadakan kegiatan camping anda akan dikenakan tariff tambahan yang biasanya bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan petugas keamanan di pintu depan.

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top