Kabupaten Bandung Barat

WISATA HUTAN PINUS PAL 16 – CIKOLE LEMBANG

pal 16 bandung barat
photo by @herlansakti on instagram

Saat menempuh perjalanan yang jauh, tubuh acap kali merasa lelah dan juga pegal. Terutama bagi anda yang mengemudikan kendaraan sendiri. Tentu rasa lelah yang menyergap bisa membahayakan perjalanan anda, terlebih jika dibarengi dengan rasa kantuk. Oleh karenanya, beberapa titik rest area sudah disediakan terutama di jalan tol antar kota. Kali ini, ada sebuah tempat beristirahat atau rest area yang berbeda dari rest area biasanya. Terletak di jalan raya Cikole, Lembang, anda yang mengemudi menuju Subang, bisa berhenti sebentar di Pal 16. Pal 16 merupakan sebuah lahan seluas 2 Ha yang ditumbuhi pohon – pohon pinus, atau lebih tepatnya Pal 16 adalah kawasan hutan pinus. Letaknya yang tidak jauh dari Wana Wisata Gunung Tangkuban Parahu, membuat Pal 16 memiliki udara yang dingin dan sejuk. Pal 16, dulunya hanya sebuah hutan pinus kosong. Namun seringkali digunakan berhenti sejenak oleh para pengendara motor ataupun mobil untuk beristirahat sejenak. Kawasan ini sendiri baru diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 2016.

pal 16 bandung barat

photo by @arudo_4648 on instagram

Adapun fasilitas yang ada di Pal 16 ini, sudah selengkap tempat wisata yang lainnya. Sudah tersedia toilet, beberapa gazebo dan kursi dari kayu yang dapat anda gunakan untuk duduk bersantai sambil meghadap ke hutan pinus. Selain itu, adapula sebuah ayunan yang membuat duduk santai anda semakin lengkap ditemani semilir angin yang sejuk. Beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman pun sudah tertata di beberapa titik, hanya saja makanan yang dijual disini masih sederhana. Atau jika anda membawa perbekalan sendiri, anda dapat dengan leluasa menggelar tikar sambil menyantap bekal anda. Untuk para anak muda yang ingin memasang hammock pun tidak perlu takut kehabisan tempat, anda hanya perlu memilih pohon mana yang akan anda jadikan penyangga hammock anda.

pal 16 bandung barat

photo  by @rachmanharyanto on instagram

Rute dan Akses

Rute yang harus anda tempuh untuk menuju Pal 16 adalah rute yang sama seperti ke Tangkuban Parahu. Tepat setelah Grafika Cikole, anda akan dengan mudah menemukan Pal 16, karena posisinya yang berada dipinggir jalan. Ingin beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan alam? Ayo ke Pal 16 ! Let’s Find and Explore !

Komentar Anda

PALING POPULER

To Top