terowongan sasaksaat

WISATA SEJARAH DI TEROWONGAN SASAKSAAT

Keunikan wisata alam tidak hanya datang dari gunung, lembah, atau air terjun. Jika kita bisa menikmati setiap perjalanan dan pemandangan yang disuguhkan, tentu kita akan merasakan bagaimana menyatu dengan alam. Kali ini, ulasan yang akan dibahas bukan berasal dari gunung atau air terjun, melainkan dari sebuah terowongan.

Seperti dikatakan sebelumnya, jika kita bisa menikmati setiap perjalanan dan mengabadikabbya lewat sebuah gambar, tentu semua akan terasa menyenangkan. Sekilas tidak ada yang menarik dibalik kata terowongan. Namun bagi anda yang mencari spot foto yang berbeda dari yang lain, terowongan ini bisa menjadi salah satu pilihan anda. Namanya, Terowongan Sasaksaat.

Terowongan ini merupakan jalur lintas kereta api yang dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda. Terletak di Kampung Sasaksaat, Desa Sumur Bandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Terowongan Sasaksaat terbentang sepanjang 949 meter dengan jalur perjalanan antara Padalarang dan Purwakarta. Dengan panjang yang dimiliki, Terowongan Sasaksaat disebut sebagai terowongan terpanjang di Indonesia. Jika anda mengira Terowongan Sasaksaat adalah terowongan yang sudah pasif, anda salah. Terowongan Sasaksaat masih aktif, bahkan menjadi terowongan dengan jalur terpadat.

Lalu, apa uniknya bermain di Terowongan Sasaksaat? Anda yang menikmati seni fotografi akan merasakan puas saat mengabadikan foto di kawasan ini. Karena, Terowongan Sasaksaat cukup instagrammable untuk diabadikan. Mulut dari Terowongan Sasaksaat pun berbeda dari terowongan kereta api lain yang biasanya dibiarkan terbengkalai dan polos. Di mulut terowongan ini, anda akan mendapati sebuah anhka 1902-1903, yang merupakan tahun beroprasinya terowongan ini pada masa penjajahan. Spot foto yang menarik adalah, ansa dapat duduk diatas mulut terowongan dan mengamati pemandangan sekitar dari sana. Tentu saja harus dengan nyali yang tinggi dan sangat berhati – hati.

Tidak berhenti disitu, spot lain berada di dalam terowongan. Jika anda berdiri di mulut terowongan bagian dalam, anda akan mendapat hasil foto berupa sillhoute dengan seberkas cahaya yang berasal dari luar terowongan. Anda pun bisa mencoba menyusuri terowongan ini dengan berbekal senter tentunya. Tidak perlu takut akan ada kereta yang lewat, karena di dalam terowongan ini terdapat lubang yang bisa anda gunakan untuk menepi ketika kereta lewat. Selain itu, di ujung terowongan terdapat pos penjagaan yang menantau apabila ada aktifitas warga ketika kereta akan lewat. Karena Terowongan Sasaksaat ini merupakan perlintasan kereta api, sehingga tidak ada fasilitas apapapun yang akan anda temukan disini. Jadi, siapkan perbekalan anda sebagai persiapan jika anda hendak bersantai dan menikmati alam di sekitar terowongan ini.

Bagimana, berani mencoba berfoto diatas mulut terowongan? Ayo ke Terowongan Sasaksaat! Let’s Find and Explore !

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.